Perkumpulan UKM Wanita Akan Terus Bantu Wirausaha Pemula

KARANGANYAR, Indotimes.co.id –Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menjadikan Ketua Umum Perkumpulan UKM Bangkit Mandiri Wanita (BMW) Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah Lulu Sofiatun Ekaningsih sebagai partner dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait dengan keterampilan dan pengembangan kewirausahaan di Tanah Air.

Komitmen Lulu dalam mengurangi dan dengan mencetak calon wirausaha- melalui Kewirausahaan Nasional (GKN) tak diragukan lagi.

Wanita paruh baya ini tak segan memberikan pelatihan bagi para pelaku UKM dan wirausaha () sampai ke pelosok, seperti daerah perbatasan, dan daerah tetinggal.

Komitmen Lulu itu sesuai dengan visi Perkumpulan UKM Bangkit Mandiri Wanita yaitu “Bersama Kita Membangun Negeri”. Sementara visinya adalah menciptakan sumber daya yang berkualitas, memanfaatkan sumber daya yang melimpah, dan membangun kepercayaan diri melalui kelompok pelatihan produksi, menguji keterampilan (kreativitas), ikut dalam pemasaran produk, dan ikut dalam kegiatan .

Baca juga :  Kemenkop-BNPB Kerja Sama Pemberdayaan KUMKM di Wilayah Bencana

Di markas BMW yang berlokasi di samping tempat wisata Sondokoro, Karanganyar itu, Lulu menggembleng anggotanya untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam berwirausaha. Hasilnya cukup membanggakan, hampir seluruh anggotanya berhasil, bahkan belum lama ini dua anggotanya mendapat anugerah Award dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Para pelaku UKM binaan Lulu ini berusaha di berbagai sektor usaha, mulai dari , kuliner hingga obat hermal dan jamu tradisional. “Alhamdulillah hampir semua maju dan berhasil,” kata Lulu panggilan akrab Lulu Sofiatun Ekaningsih, ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Lulu pun berkomitmen akan terus membantu para pelaku UKM dan wirausaha pemula agar mereka bisa berhasil dan sukses. “Selama saya masih sehat dan mampu, saya akan terus membantu mereka (pelaku UKM dan wirausaha pemula),” tegasnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Budi Mustopo, mengaku bangga dan berterima kasih kepada Lulu yang dengan kerja kerasnya mampu mendidik para wirausaha pemula dan UKM semakin maju dan berkembang.

Baca juga :  RAT Sebagai Bukti Koperasi Berkualitas

“Kami berharap komitmen Bu Lulu itu dicontoh oleh Lulu-Lulu yang lain sehingga jumlah wirausaha berkembang pesat, sehingga pengangguran dan kemiskinan di Tanah Air terus berkurang,” kata Budi dalam acara road show ke sejumlah UKM dan wirausaha pemula di Jawa Tengah.

Dalam Road Show yang dimulai dari Temanggung, Wonosobo, Salatiga, dan berakhir di Karanganyar tersebut, Budi ingin mengetahui langsung perkembangan UKM penerima WP sekaligus melihat perkembang penggunaan  Lamikro. “Kami juga ingin tahu secara langsung keluhan-keluhan yang dihadapi mereka,” ujarnya.