Harkopnas Jabar, Sesmenkop UKM Simulasikan Pemanfaatan Teknologi Informasi

KARAWANG, Indotimes.co.id – memiliki peran strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Koperasi juga dapat menjalankan peran sebagai pemutus mata rantai di kalangan masyarakat.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan Meliadi Sembiring saat menyampaikan pidato tertulis Menkop dan UKM , pada peringatan Hari Koperasi ke-71 tingkat , di Karawang, Jumat (27/7).

“Pemerintah terus menerus melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi, sehingga sudah ada koperasi yang omsetnya triliunan rupiah, ada koperasi yang sudah masuk bursa efek, bahkan sekarang sudah ada koperasi yang telah membeli saham BRI Syariah,” Papar Meliadi Sembiring.

Ia berharap, ada positif antara upaya yang dilakukan oleh koperasi dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Baca juga :  Puspayoga Serahkan Sertifikat HKI Gratis kepada UKM

Perayaan tingkat Jawa Barat di kabupaten Karawang ini, menurut Meliadi, sungguh berbeda dan ada kelebihan dibanding dengan -daerah lain. Perkembangan teknologi informasi dan financial teknologi sudah bisa dimanfaatkan oleh koperasi di Jawa Barat.

“Kalau ingin maju, tidak ada cara lain selain memanfaatkan teknologi informasi ini,” urai Meliadi.

Di Jawa Barat juga sudah ada RAT secara online dimana pertama dilakukan di Kota Bogor. Begitupun pelaksanaan teleconference untuk menggelar RAT yang juga dilaksanakan di Jawa Barat. “Betapa efisien dan efektifnya RAT secara online, menghemat biaya, waktu, tempat dan lain-lain,” papar Meliadi Sembiring.

Di akhir acara, Meliadi melakukan simulasi pemanfaatan teknologi informasi dengan melakukan teleconference dengan salah satu koperasi di Jawa Barat yaitu koperasi (SP) Makmur Mandiri yang mempunyai 16 cabang di 16 provinsi. Ia melakukan teleconference dengan cabang yang ada di Medan, Bali, Pekanbaru dan lain-lain.

Baca juga :  Pengembangan Bisnis Koperasi Disarankan Gunakan Pendekatan ACT 

Acara ini dihadiri oleh Sekda provinsi Jawa Barat H Iwa Karniwa, Muspida Provinsi Jawa Barat, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, para Bupati/Walikota -Jawa Barat, Kadiskop dan UKM Jawa Barat Dudi Sudrajad, Kadiskop dan UKM Kabupaten/Kota se Jawa Barat, Ketua Dekopinwil Jawa Barat Mustofa Jamaludin, Dekopinda se-Jawa Barat, pimpinan , BUMN dan se-Jawa Barat serta para penggerak koperasi se provinsi Jawa Barat.

Saat menyampaikan laporan, Kadiskop dan UKM Jawa Barat Dudi Sudrajad mengatakan, peringatan Harkopnas tingkat Jawa Barat dalam rangka memotivasi masyarakat untuk meningkatkan jatidiri serta memadukan seluruh potensi ekonomi anggota untuk mencapai kesejahteraan. “Kita ingin terbangun koperasi yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing,” kata Dudi.

Ketua Dekopinwil Jawa Barat Mustofa Jamaludin pada kesempatan itu mengatakan, berkoperasi merupakan bentuk dari upaya membangun ekonomi masyarakat secara berjamaah, ekonomi berkeadilan menuju kemajuan ekonomi masyarakat.

Baca juga :  Koperasi Harus Mampu Bertransformasi di Era Revolusi Industri 4.0

“Semangat perkoperasian di bumi parahyangan Jawa Barat ini luar biasa hebat, terbukti para kepala daerah, penggerak koperasi se Propinsi Jawa Barat hadir di sini untuk memperingati Hari Koperasi,” paparnya.

Saat menyampaikan sambutan selamat datang, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Jawa Barat yang telah mempercayakan Kabupaten Karawang sebagai tuan rumah peringatan Harkopnas ke-71 se-Provinsi Jawa Barat.

“Selamat datang kepada seluruh teman-teman, sahabat-sahabat pelaku dan penggerak koperasi di kabupaten Karawang, semoga masyarakat akan lebih sejahtera lagi dengan majunya koperasi,” ucap Cellica.