Sentuhan Sejarah,Tandai Kirab Obor Asian Games di Bukittinggi

BUKITTINGGI, Inditimes.co.id -Kirab Obor Asian Games 2018 akhirnya singgah di ranah minang di kota wisata Bukittinggi, pada hari Kamis (2/8) petang.

Api Asian Games 2018 tiba di ranah minang melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kota Padang, ysng dibawa oleh Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, kemudian diserahkan kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.

Api Asian Games kemudian dibawa ke Kota Bukittinggi yang menjadi pusat perhelatan kirab obor Asian Games 2018.

Dihadiri oleh ratusan warga yang turut menyambut disepanjang jalan, berbagai tontonan meriah juga telah dipersiapkan, diantaranya tarian Gelombang khas Sumatera Barat, atraksi marching band IPDN Sumatera Barat, serta sambutan oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias.

“Atas nama seluruh masyarakat dan pemerintah Kota Bukittinggi, kami berterima kasih dan bangga akan dipilihnya sebagai satu-satunya kota di Sumatera Barat yang mendapatkan kesempatan didatangi api obor Asian Games 2018,” ujar Ramlan.

Menurut Ramlan, arak-arakan api obor kali ini terbilang unik. Sebab, kirab obor Asian Games 2018 juga melewati Lobang Jepang yang merupakan saksi sejarah kemerdekaan Indonesia.

“Uniknya, hanya disini prosesi kirab obor Asian Games 2018 dapat menelusuri Lobang Jepang yang merupakan salah satu destinasi wisata Kota Bukittinggi. Semoga kedepannya akan lebih dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan.” jelas Ramlan.

Kirab obor Asian Games 2018 di Bukittinggi juga dimeriahkan kehadiran para pesohor yang turut pembawa api obor, diantaranya artis Donny Kesuma dan Olivia Zalianty, serta mantan juara dunia tinju kebanggaan Indonesia, Chris John.

Bagi Chris Joh, ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan dan suatu kebanggaan untuk dapat berpartisipasi secara langsung.

“Tentunya, ini merupakan pengalaman yang berbeda untuk mendapatkan kesempatan membawa api obor Asian Games 2018, apa lagi melalui medan yang tidak biasa,” ungkap pria yang pernah dijuluki ‘The Dragon’ itu.

Selain Lobang Jepang, kirab obor Asian Games 2018 di Bukittinggi juga turut melintasi destinasi-destinasi bersejarah lainnya, termasuk Tugu Pahlawan Tak Dikenal, Rumah dan Istana Bung Hatta.