Sumber: pinterest.com

Indotimes.co.id – Di usia 2 tahun, si kecil akan mengalami perkembangan yang begitu pesat. Contohnya saja, seperti mulai banyak mengoceh dan mengerjakan suatu hal yang sederhana. Bahkan saat di usianya yang sudah beranjak 2 tahun bisa disebut sebagai golden age, dimana usia tersebut mulai terjadi perkembangan yang sangat signifikan, baik dari segi kemampuan maupun kepribadian. Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk si kecil adalah dengan memberikan mainan edukasi yang bisa melatih perkembangannya secara optimal.

Jangan hanya mainan yang berbentuk lucu saja, mainan yang sesuai dengan usianya saat ini juga sangat penting untuk diberikan. Karena ini bisa membantu menstimulasi perkembangan pada kecerdasannya. Tidak hanya bisa membuat si kecil senang, Bunda juga harus mempertimbangkan manfaat edukasi yang sesuai dengan usia anak saat ini. Berikut deretan mainan anak usia 2 tahun yang bisa kamu berikan untuk si kecil.

1. Stacking Toys

Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan mainan satu ini. Ya, stacking boys memang jenis mainan edukasi yang sangat cocok untuk si kecil. Mulai dari menyusun benda berukuran besar hingga yang terkecil. Bentuknya pun bisa bermacam-macam, Bunda bisa memberikan yang berbentuk lingkaran seperti donat atau bentuk yang menarik lainnya. Mainan seperti ini bisa membantu si kecil untuk mengasah kemampuannya. Jadi anak akan lebih bisa mengenal warna, ukuran hingga memecahkan masalah.

2. Mainan Balok

Sumber: pinterest.com

Menyusun mainan balok seperti ini tentunya bisa membantu melatih kecerdasan si kecil. Berikanlah mainan balok dengan ukuran yang lebih besar agar si kecil tidak memasukkan makanan tersebut kedalam mulutnya. Bunda bisa memberikan mainan balok yang berwarna. Sehingga si kecil bisa bermain sambil belajar dengan mengenal bentuk dan warna. Serta bisa meningkatkan kemampuannya dalam membangun bentuk dan juga kesabaran.

3. Puzzle

Sumber: pinterest.com

Permainan yang paling digemari oleh anak-anak adalah puzzle. Banyak berbagai manfaat yang terdapat dalam mainan ini. Sehingga tak jarang banyak orangtua yang lebih memilih mainan ini sebagai mainan yang edukatif untuk anak-anaknya, bahkan menjadi mainan favorit anak usia 2 tahun. Dengan mainan ini, anak akan merasakan bagaimana caranya memecahkan masalah dari puzzle. Selain belajar untuk memecahkan masalah, anak juga akan mengasah kemampuannya dengan cara yang lebih menyenangkan.

4. Masak-Masakan

Sumber: pinterest.com

Kini sudah banyak mainan masak-masakan dengan satu set dapur di berbagai toko mainan yang bisa kamu temui. Mainan ini juga sangat everlasting sehingga Bunda tidak perlu lagi membelikan mainan masak-masakan untuk si kecil dengan model baru. Mainan masak-masakan seperti ini tentunya bisa membantu mengasah imajinasi si kecil. Sehingga sangat baik untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitasnya.

5. Building Block

Sumber: pinterest.com

Salah satu mainan yang bisa mengembangkan kecerdasaan anak usia 2 tahun adalah building block. Mainan bongkar pasang satu ini bisa meningkatkan daya kreativitas dan imajinasi anak dalam membangun sesuatu hal sederhana. Selain itu, daya berpikir si kecil juga akan bekembang dengan pesat. Saat memainkannya, tentu kamu sebagai orang tua harus mengawasinya dengan baik.

6. Meja Belajar Anak

Sumber: id.shareharga.info

Mainan anak satu ini memiliki bentuk meja lipat yang serbaguna. Meja ini mempunyai papan tulis yang bisa digunakan si kecil untuk belajar angka dan huruf. Sehingga si kecil bisa belajar sambil bermain dengan Bunda. Mainan ini juga sudah dilengkapi oleh 26 keping huruf dan 20 keping angka yang nantinya bisa ditempelkan oleh si kecil ke papannya. Selain itu, tersedia pula 6 buah spidol warna dan penghapusnya. Dengan mainan seperti ini, si kecil akan lebih mengenal tentang angka dan huruf jadi lebih cepat.Usia 2 tahun merupakan masa-masa emas yang tidak boleh dilewatkan. Untuk itu, berikanlah ia mainan yang bisa membantu mengembangkan kemampuannya. Selain membuat si kecil senang, mainan-mainan di atas ini juga dapat dijadikan perkembangan yang baik untuknya.

Loading...