Indonesia Tambah Dua Emas dari Balap Sepeda

BANDUNG, Indotimes.co.id – Kontingen Indonesia menambah dua medali emas dari cabang olahraga (cabor) balap sepeda Asian Games XVIII/2018 nomor downhill putra dan putri. Kedua emas tersebut diraih melalui Tiara Andini Prastika yang menjadi juara di nomor downhill putri dan Khoiful Mukhib di nomor downhill putra, dalam lomba yang digelar di Subang, Jawa Barat, Senin (20/8).

Raihan dua emas cabor balap sepeda ini, cukup mengembirakan bagi Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang hanya ditargetkan satu medali emas dari Kemenpora pada Asian Games ini.
Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari sebelumnya mengatakan pihaknya memang mentargetkan satu emas di Asian Games, mengingat persaingan di cabor ini di level Asia cukup kuat.

Bahkan Okto sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, menjanjikan bonus Rp 1 miliar dari PB ISSI bagi para atlet balap sepeda Indonesi yang menyumbangkan medali emas. Jumlah bonus itu diluar bonus Rp 1,5 miliar dari pemerintah.

“Alhamdulillah balap sepeda sudah menyumbang dua medali emas dan saya juga telah kebobolan Rp2 miliar. Itu tidak masalah. Jangankan Rp 2 miliar berapa pun akan saya siapkan dana buat pebalap sepeda yang meraih prestasi. Silahkan raih emas sebanyak-banyaknya,” tantang Okto yang dihubungi melalui telepon selular.

Sebenarnya, kata Okto, dua medali emas dari nomor downhill sudah diperkirakan sebelumnya. Bahkan, dia juga berani menyebut target 4 medali emas. “Kita memang sudah memperkirikan dua emas dar nomor downhill bakal disumbangkan bagi Kontingen Indonesia. Mudah-mudahan, kita bsia menambah medali emas lagi dari nomor-nomor lainnya,” tandas Okto.

Perasaan bangga merebut dua medali emas paa hari pertama cabang balap sepeda dipertandingkan juga dilontarkan Pelatih Kepala Tim Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haris Purnomo.

“Kita bersyukur pebalap downhill mampu menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia. Kebanggan itu semakin lengkap tatkala Tiara Andini dan Khoful sukses mengawinkan medali emas downhill sekaligus mencatat sebagai Ratu dan Raja Downhill Asia,” kata Dadang.

Selain dua emas, nomor downhill juga menyumbakan satu medali perunggu, melalui Nining Purwaningsih di nomor downhill putri setelah finis ketiga di belakang pebalap Thailand Vipavee Deekaballes yang meraih perak.

Dengan tambahan dua emas pada hari kedua pelaksanaan Asian Games 2018, menjadikan perolehan emas kontingen Indonesi bertambah menjadi 4 emas, setelah sebelumnya satu emas disumbangkan dari cabor wushu melalui Lindswell yang turun pada nomor Taijiquan dan Taijiquan All Round Putri, di GOR Jiexpo Kemayoran Jakarta, Senin pagi.

Satu emas Indonesia diraih pada hari pertama pertandingan pada Minggu (19/8) dari cabor Taekwondo, lewat taekwondoin putri, Desfia Rosmaniar di nomor seni atau Poomsae.