Dayung Sumbang Emas ke-9 Asian Games Indonesia

PALEMBANG, Indotimes.co.id – Kontingen Indonesia kembali menambah perolehan medali emas di ajang Asian Games XVIII/2018. Emas kesembilan bagi Indonesia disumbangkan dari cabang olahraga (cabor) dayung kelas ringan delapan putra, yang berlangsung Jumat (24/8) pagi di Danau Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan.

Tim dayun Indonesia yang terdiri dari Tanzil Hadid, Muhad Yakin, Rio Rizki Darmawan, Jefri Ardianto, Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram, Ardi Irsadi, dan Ujang Hasbulloh, meraih emas setelah mencapai waktu tercepat 6 menit 8,88 detik

Pada lintasan lomba menempuh jarak 2000 meter, tim Indonesia mencapai finis pertama. Sempat menempati posisi kedua pada jarak 500 meter, tetapi Tanzil dan kawan-kawan mampu menyelesaikan tugas dengan baik memimpin pada pada jarak 1000 meter hingga menyentuh garis finis.

Medali perak pada nomor kelas ringan delapan putra diraih Tim Uzbekistan yang finis kedua dengan catatan waktu 6 menit 12,46 detik. Sementara itu medali perunggu menjadi milik Hong Kong dengan raihan waktu 6 menit 14,46 detik.

Selain meraih medali emas, tim dayung Indonesia juga menambah perolehan medali perak dan perunggu pada hari kedua cabor dayung ajang Asian Games 2018.

Medali perak datang dari nomor quadruple sculls (empat) putra yang diwakili Kakan Kusmana, Edwin Ginanjar Rudiana, Sulpianto dan Memo. Mereka mecatatkan waktu terbaik kedua dengan raihan 6 menit 20,58 detik.

Emas diraih Tim India dengan catatan waktu tercepat 6 menit 17,13 detik. Sementara perunggu menjadi milik Tim Thailand setelah finis ketiga dengan catatan waktu 6 menit 22,41 detik.

Sementara medali perunggu datang dari nomor empat putri. Tim yang dihuni Chelsea Corputty, Wa Ode Fitri Rahmanjani, dan Yayah Rokayah berhasil finis ketiga dengan catatan waktu 7 menit 19,02 detik.
Medali emas pada nomor empat putri diraih Tim China yang finis terdepan dengan catatan waktu 7 menit 5,50 detik. Sedangkan medali perak diraih Tim Vietnam dengan catatan waktu 7 menit 14,52 detik.