Atlet Indonesia Ukir Sejarah Raih Medali Pertama Kurash Asian Games

JAKARTA, Indotimes.co.id – Atlet Kurash Indonesia, Shifa Kasani Najmu (18 thn) yang tampi dikelas -63 kg putri mengukir , setelah mempersembahkan medali Perunggu untuk Indonesia di Asian Games XVIII/2018. merupakan medali pertama Indonesia cari cabang olahraga (cabor) Kurash yang untuk pertama kalinya dipertandingan pada pesta akbar olahrag -Asia tersebut.

Perjuangan berat dilalui Shifa untuk meraih perunggu Asian Games. Sebelum tampil merebut medali perunggu, Shifa harus menyingkirkan lawan-lawannya, atlit kurash dari Thailand, Iran, .

Langkah Shifa melaju ke partai final, terhenti setelah dikalahkan atlit kurash Uzbekistan, Shermetova Dildor di Semi Final. Hasil ini membuat Shifa harus puas meraih perunggu bersama atlet kurash Uzbekistan lainnya, Mukhlisa Abdulmalikova.

Pertandingan Shifa disaksikan President Kurash Dunia yang juga Direktur Asian Games OCA, Heidar Farman. Medali diserahkan oleh President Kurash Asia (KCAO) Mr. Komil Ruziev dan Ketua Umum PB Kurash Indonesia Teuku Riefky Harsya.

Medali Emas kelas -63kg, diraih Shermetova Dildor (Uzbekistan), Medali Perak oleh Bayarbat Baasanjargal (Mongolia).
Kurash merupakan olah raga bela diri tertua di dunia sejak 3000 tahun yang lalu dan berasal dari Asia Tengah. Olah raga bela diri ini baru masuk ke Indonesia sekitar 2 tahun lalu dan diperkenalkan oleh Besar Kurash Indonesia (PBKI).

Ketua Umum PBKI, Teuku Riefky Harsya mengataka untuk Asian Games XVIII/2018, PBKI menurunkan 14 atlet, 8 Pria dan 6 Wanita yang tampil di 7 kelas. Kurash Indonesia ditangani pelatih Denny Zulfendri dan Sugiri.

Untuk 4 kelas putra, atlet Indonesia tampil pada kelas -66 kg, -81 kg, -90 kg dan +90 kg, sedangkan putri tampil di tiga kelas, yaitu kelas -52 kg, -63 kg, dan -78 kg.

Menurut Teuku Riefky menghadapi , PBKI dengan dukungan Kementrian Pemuda dan Olahraga () telah mengikuti pertandingan ‘Try Out dan Training Camp’ pada tahun 2017 sampai 2018 di Turkmenistan, Thailand, Iran dan Korea.
Indonesia berhasil menjadi Juara Umum pada saat Try Out Thailand Open 2018 beberapa waktu lalu.

Pertandingan cabor Kurash Asian Games berlangsung 28 Agustus hingga 30 Agustus mendatang dan diikuti 24 negara peserta.