YOGYAKARTA, Indotimes.com.id – Kejuaraan Bola basket Pelajar Asia (Asian School Basketball Championship) ke-8 tahun 2018, resmi dibuka di Keraton Yogyakarta, Sabtu (8/9) malam.

Hadir dalam pembukaan kejuaraan basket pelajar Asia tersebut, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Mulyana, yang mewakili Menpora Imam Nahrawi serta
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Yogyakarta, Kadarmana Baskara Aji, yang mewakili Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Dakam sambutan tertulisnya, Sri Sultan Hamengkubuwuno X, yang dibacakan Kadarmana, berharap, kompetisi seperti ini bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi bagi negara masing-masing.

Pihaknya juga berharap, melalui kegiatan sekolah seperti ini, masing-masing negara bisa menghasilkan atlet yang berprestasi di masa depan.

“Saya harap anak-anak bisa menjunjung tinggi sportivitas. Jangan sampai prestasi yang telah diraih tercoreng hanya karena tidak menjunjung sportivitas,” tandas
Kadarmana.

Kejuaraan basket paling bergengsi untuk pelajar se-Asia ini diikuti 4 negara, yakni Indonesia, Hongkong, Cina dan Thailand, dengan total setidaknya 135 perserta. 

Dimana setiap negara peserta mengirimkan tim putra dan tim putri, bersaing memperebutkan tropi basket pekajar Asia yang terbaik tahun ini.

Tim bola basket pelajar Indonesia tidak pernah absen mengikuti kejuaraan ini. Termasuk pada kejuaraan serupa tahun lalu yang berlangsung di Thailand.