Lahirkan SDM Unggulan, STT PLN Wisuda 385 Sarjana

, Indotimes.co.id – Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN) hari kembali mewisuda 385 Mahasiswa D3,S1 dan S2.acara wisuda ini digelar di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dalam kesempatan yang sama, PLN juga memberikan kepada Wisudawan strata 1 terbaik berupa sekolah lanjutan ke jenjang Strata 2 (S2). Pemberian penghargaan ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Sofyan Basir kepada Ria yuli Setyawan, Sarjana S1 Teknik Elektro yang berhasil meraih IPK 3,84.

Sofyan Basir dalam sambutannya mengatakan, pentingnya para wisudawan untuk mengabdi kepada negara. Salah satunya dengan menerapkan ilmu yang telah dimiliki setelah menimba ilmu dari STT PLN.

“Terlebih saat ini, emerintah telah mencanangkan program pembangunan pembangkit berkapasitas 35.000 megawatt (MW), 46.000 kilometer sirkit jaringan transmisi dan 108.000 mega volt ampere gardu induk pendukungnya yang diproyeksikan akan selesai dalam lima tahun ke depan,” katanya di Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Baca juga :  Posko Informasi Tagihan PLN Terima Ribuan Aduan Pelanggan

Hal ini tentu membutuhkan dukungan sumber daya manusia yang kompeten dan memeliki skill terutama dalam bidang teknik kelistrikan, dimana salah satunya diharapkan berasal dari STT PLN.

“Tentunya semua infrastruktur ketenagalistrikan tersebut membutuhkan dukungan SDM, bukan saja untuk membangun tapi juga untuk mengoperasikan dan memeliharanya,” ujarnya.

Berbeda dengan bangunan sipil umum seperti gedung dan jalan, instalasi ketenagalistrikan merupakan instalasi yang setiap detik berputar dan mengalirkan arus listrik, sehingga memiliki tingkat risiko keamanan yang jauh lebih tinggi. “Untuk itu, diperlukan tenaga operator dan teknisi pemeliharaan yang memiliki kompetensi khusus sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Ketenagalistrikan Nomor 30 tahun 2009,” ujar Sofyan Basir.

Terkait program tersebut, keberadaan dan peranan STT PLN sebagai perguruan tinggi yang menghasilkan ahli teknik menjadi sangat strategis. Oleh karena itu, PLN akan memberikan perhatian khusus untuk membantu efektifitas dan peningkatan kuantitas dan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di kampus STT PLN.

Baca juga :  Kejar Target Rasio Elektrifikasi, PLN Rekrut 5.558 Pegawai Baru

Sofyan menambahkan, dirinya juga mendukung pimpinan STT PLN yang telah menerapkan pendekatan ABG (Academic-Business-Government) yang merupakan program penyelarasan proses pembelajaran dengan kebutuhan dan pemerintahan.

Untuk itu, PLN juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk melaksanakan di unit-unit PLN yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami juga akan meningkatkan STT PLN untuk mempersiapkan SDM yang dibutuhkan oleh industri ketenagalistrikan dan bekerja sama dalam melakukan pengembangan serta penelitian khususnya dalam bidang energi terbarukan yang menjadi andalan sumber energi masa mendatang,” katanya. (chr)