SOLO, Indotimes.co.id – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Sembiring menekankan bahwa marketing merupakan bagian amat penting dalam memasarkan produk hasil koperasi dan UKM.

“Karena, percuma saja mampu membuat produk yang berkualitas, tapi tidak bisa dan tidak paham cara memasarkannya,” kata usai menghadiri acara Gala Dinner Rakernasus Indonesia Marketing Association (IMA) 2018 di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam (15/9).

Menurut Meliadi, seharusnya memahami dan mengetahui pangsa yang akan dibidik dari produk yang dihasilkannya. “ harus membuat produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan orang. Cara-cara produksi dulu baru memikirkan pemasaran, sudah harus ditinggalkan bila ingin produknya laku di pasaran,” kata Meliadi.

Apalagi, lanjut Meliadi, strategi pemasaran zaman sekarang sudah memasuki babak era digital. Dimana tak ada lagi batas antara ruang dan waktu. “Bila ingin berkembang, harus sudah masuk ke ekonomi digital dalam memasarkan produknya. Bila tidak, ya siap-siap saja produknya tidak akan dikenal dan diserap pasar,” ujar Meliadi.

Baca juga :  Kemenkop Apresiasi Penyelenggaraan JPMI International Exhibition 2017

Oleh karena itu, berharap IMA di seluruh Indonesia mampu menjadi pembina bagi para pelaku dalam memasarkan produknya. Selain itu, para pelaku KUKM juga harus bisa memanfaatkan IMA yang ada di daerahnya.

“IMA di daerah harus aktif turut membangun produk khas daerahnya dengan cara mengenalkan secara tepat dan benar,” kata Meliadi.

Sementara itu, dalam sambutannya, pendiri IMA sekaligus Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Hermawan Kertajaya meminta agar seluruh kepala daerah di Indonesia harus yang memiliki jiwa marketing dan enterpreneur.

“Itu sesuai dengan harapan Presiden dimana seorang kepala daerah harus mampu menjual dan memasarkan produk daerahnya,” kata Hermawan.

Hermawan pun mencontohkan Bupati Kulonprogo yang turut hadir dalam acara IMA tersebut. “Bupati Kulonprogo yang berjiwa marketing dan enterpreneur mampu mendongkrak kinerja produk KUKM daerahnya dengan mengusung semangat Bela dan Beli Produk Kulonprogo. Semangat Kulonprogo dalam membangun produk di daerahnya, harus dicontoh wilayah lain,” ujar Hermawan.

Baca juga :  Kejagung Segera Limpahkan Berkas Ahok ke Pengadilan

Hermawan mengungkapkan, merupakan sosok Bupati yang berjiwa marketing dan enterpreneur dengan mau menjadi Ketua IMA Chapter Kulonprogo.

“Kepala daerah zaman now memang harus seperti itu. Jangan hanya sibuk mengurusi perijinan saja. Tapi juga harus mampu meningkatkan daya saing dari produk yang dihasilkan di daerahnya. Bupati zaman now harus mampu mengembangkan produk khas daerahnya agar bisa dikenal luas tidak hanya di lokal,” ujar Hermawan.

Hermawan menyebutkan, salah satu tugas utama IMA adalah bisa menciptakan daya saing produk daerah agar mampu menembus global. “Kita akan menyatukan antara marketing dengan enterpreneurship. Marketing tidak akan bergerak cepat kalau tidak dipadukan dengan enterpreneurship,” kata Hermawan.