TANGERANG, Indotimes.co.id – Konsolidasi umat Islam sekaligus penguatan kebangsaan antar organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam terus digalakkan.

Hal itu terungkap dalam pertemuan para kiyai dan santri se-Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang dalam rangka konsolidasi perjuangan umat Islam terutama di kalangan warga Nahdlatul Ulama (NU).

“Pertemuan ini sangat penting dalam merekatkan ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan kebangsaan, sekaligus upaya penyelamatan bangsa dari ancaman perpecahan,” kata Dr (Can) H Nanang Kurniawan M.Pd selaku Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan dalam kegiatan tersebut di Pagedangan, Tangerang, Sabtu (15/9).

Dalam Pertemuan hadir juga perwakilan Muslimat NU, Pengurus Banser dan GP Anshor wilayah Banten dan Ketua DKM Masjid Al Muhajirin serta lainnya.

Menurut Nanang Kurniawan,  pertemuan semacam ini juga perlu terus dilakukan, sehingga  komitmen kebangsaan yang tengah generasi muda Indonesia yang sempat menurun dapat terus ditingkatkan. 

Nanang Kurniawan berharap silaturrahmi pelibatan seluruh ormas Islam yang lain dan termasuk melibatkan ormas-ormas agama lain dapat terus dilaksanakan.

“Dengan demikian Islam yang moderat, progresif, damai dan toleran akan menjadi arus utama,” ujar Nanang Kurniawan selaku calon anggota legislatif (caleg) Provinsi Banten dari PDI Perjuangan ini.

Nanang Kurniawan juga menyatakan perlunya untuk menyeimbangkan antara komitmen pada agama dan bangsa. Apalagi, banyak pihak yang kini tengah mempertentangkan antara perjuangan agama dan perjuangan bangsa.

“Kita harus berjuang bersama-sama dalam mengisi kehidupan berbangsa yang merupakan warisan para ulama dalam perjuangan kemerdekaan,” ujar Nanang Kurniawan.

Di samping itu, Nanang Kurniawan menambahkan, silaturahmi umat Islam dan konsolidasi ormas Islam juga untuk mendorong percepatan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial di Tanah Air