JAKARTA, Indotimes.co.id – Pemerintah terus berupaya menggaungkan Asian Para Games III/2018 yang tinggal menghitung hari. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak seluruh kementerian dan lembaga negara untuk segera mengubah wajah kantor yang semula berisi branding Asian Games menjadi Asian Para Games 2018.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto, seusai membuka Forum Tematik Kehumasan bertajuk Gelorakan Asian Para Games 2018 Jadilah Inspirasi Bangsa, di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (27/9).

Menurut Gatot sudah sepantasnya jika seluruh seluruh kementerian dan lembaga negara mendukung perhelatan Asian Para Games. Pihaknya juga mengapresiasi Kementerian Komikasi dan Informatika (Kominfo) yang sudah megubah total wajah kantornya.

“Imbauan kami yang hadir di sini adalah kementerian dan lembaga itu harus mengubah wajah kantor depannya. Minimal tidak harus sama dengan Kemenpora dan Kominfo. Tapi ada branding atau poster Asian Para Games,” kata Gatot.

Lebi lanjut menurut Gatot, agar promosi Asian Para Games sampai kepada masyarakat, Menpora Imam Nahrawi telah berkirim surat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meminta bantuan agar minimal Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin bisa dipasangi promosi Asian Para Games dalam waktu dekat.

“Melalui acara Bako Humas ini mari kita dorong kepedulian kita pada penyandang disabilitas, dan kita harus berprestasi dengan baik. Karena di Asia Tenggara kita sudah juara umum, mari kita dorong di Asia masuk peringat tujuh Asian Para Games,” ujar Gatot.

Terkait persiapan menjelang perhelatan pesta akbar olahraga kaum disabilitas ke-Asia tersebut, menurut Gatot persiapannya sudah hampir 95 persen. Di mana sisa lima persennya tinggal pembenahan seperti merapikan persiapan pembukaan dan penutupan.

“Kalo venue sudah oke, tidak ada masalah. Kemudian untuk atlet (kontingen Indonesia) tanggal satu Oktober dari Pelatnas Solo sudah menuju ke Jakarta semua,” tandas Gatot.

Sementara itu, Ketua Badan Koordinasi (Bako) Humas Pusat, Rosalita Niken Widiastuti berharap kesuksesan Asian Games beberapa waktu lalu, juga terjadi di Asian Para Games 2018.

Niken yang juga merupakan Dirjen Komunikasi dan Informasi Publik Kominfo mendukung sepenuhnya kegiatan Asian Para Games, serta mengajak seluruh anggota Bako Humas baik di pusat maupun daerah untuk mendemamkan Asian Para Games.

“Kita harapkan pada perhelatan Asian Para Games 2018 Indonesia sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses akuntabilitas keuangannya,” ujar Niken.

Kegiatan Forum Bako Humas ini diselenggarakan oleh Biro Humas dan Hukum Kemenpora yang dikuti kurang lebih 55 utusan Kementerian dan Lembaga. Kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan membangun tranparansi komunikasi kepada masyarakat untuk menyukseskan Asian Para Games 2018.