KUALA LUMPUR, Indotimes.co.id – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-16 lolos ke perempat final Piala Asia U-16 2018, setelah bermain imbang tanpa gol melawan India pada laga terakhir Grup C di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur,Malaysia, Kamis (27/9) malam.
Hasil imbang ini cukup bagi pasukan Fakhri Husaini lolos ke perempat final Piala Asia U-16 2018 sebagai juara Grup C. India juga memastikan satu tiket ke babak gugur sebagai runner-up.

Tambahan satu poin buat masing-masing tim, membuat Indonesia dan India sama-sam memetik 5 poin dari 3 pertandingan. Jumlah poin itu sudah cukup untuk menyingkirkan Iran yang di saat bersamaan mampu menang besar atas Vietnam, skor 5-0.

Meski mendominasi permainan sepanjang babak pertama, namun tim berjuluk ‘Garuda Asia’ gagal mencetak gol ke gawang India, yang tampil bertahan sepanjang paruh babak pertama ini.
Memasuki babak kedua, India mencoba berinisiatif bermain menyerang. Tim asuhan Bibiano Fernandes ini tampil lebih percaya diri.

Sebaliknya Timnas U-16 terlihat mulai kendur, beberapa keli serangan India mengancam gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi. Beruntunglah penyelesaian akhir pemain depan India, membuat gawang Indonesia aman dari kebobolan.

Pelatih Fakhri Husaini kemudian melakukan dua pergantian pemain depan. Bagus Kahfi dan Supriadi ditarik keluar dan digantikan Rendy Juliansyah serta Muhammad Salman.

Upaya Fakhri , cukup efektif, Timnas U-16 kembali mengambil alih peemain, dan beberapa mengancam gawang India. Setidaknya peluang Rendy pada menit ke-77,sepakan ari tendangan bebas hanya melambung diatas mistar gawang India. Begitu juga tendangan keras Brylian Negietha Dwiki Aldama dari depan kotak penalti India, juga masih melambung.

Di pengujung pertandingan, Timnas U-16 kembali mendapatkan peluang emas yang didapat Sutan Zico dan Rendy, yang lagi-lagi gagal membuahkan hasil. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga pertandingan berakhir..

Mengomentari hasil imbang ini, pelatih Fakhri Husaini mengaku lega, timnya bisa lolos ke babak berikutnya. “Terima kasih kepada para pemain yang sudah memberikan seratus persen bahkan seribu persen tenaganya untuk pertandingan ini,” ujarFakhri seusai pertandingan.

Menurut pelatih asal Bontang Kalimantan Timur ini, para pemainnya sudah berjuang dengan sekuat tenaga. Hasil sudah cukup aman membawa mereka ke babak perempat final. “Meski kami tidak menang, setidaknya pemain bisa mendominasi jalannya pertandingan ini,” tambah Fakhri.

Fakhri mengakui banyak peluang tendangan yang tidak tepat karena lawan melakukan pertahanan yang kuat. Menurutnya hal ini akan menjadi catatan timnya menghadapi pertandingan berikutnya.

“Saya berterima kasih banyak atas dukungan masyarakat Indonesia di Malaysia yang terus mendukung kami. Saya juga terkejut dengan antusias mereka selama kami bermain disini dan juga untuk bisa langsung datang ke stadion mendukung kami,” pungkas Fakhri.

Susunan pemain kedua tim :

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda Putra, Mohammad Yudha Febrian, Fadillah Nur Rahman; Brylian Negietha Dwiki Aldama, David Maulana, Andre Oktaviansyah; Amiruddin Bagus Kahfi (Rendy Juliansyah), Sutan Zico, Mochammad Supriadi (Muhammad Salman, 75′).

India: Niraj Kumar; Moirangthem Thoiba, Shabas Ahamed, Gurkirat Singh, Bikash Kumar; Ravi Bahadur, Givson Singh, Ricky John; Vikram Partap, Bekey Oram, Ridge Melvin.