SEMARANG, Indotimes.co.id – Kementerian dan UKM menyebut banyak peluang yang bisa digarap oleh anak- saat ini di era 4.0 terlebih generasi muda saat ini begitu akrab dengan penggunaan informasi.

Hal itu disampaikan Plt. Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto saat menjadi Keynote Speaker pada acara Seminar Nasional Digital Entrepreneur di era Millenial yang diselenggarakan oleh Koperasi Universitas PGRI Semarang di kampus Universitas PGRI Semarang, Sabtu (13/10).

“Revolusi yang saat ini terjadi adalah yang keempat atau 4.0 bisa dikatakan merupakan bagian dari proses kehidupan di muka bumi ini. Artinya kita tidak bisa menghindarinya apalagi menolaknya dan mau tidak mau kita harus menghadapinya,” katanya.

Untuk itu, ia melanjutkan semua pihak tidak boleh hanya merasa ketakutan menghadapi Revolusi Industri 4.0 tetapi harus mempersiapkan diri menghadapinya.

Baca juga :  Kemenkop-BNPB Kerja Sama Pemberdayaan KUMKM di Wilayah Bencana

Menurut dia, memasuki era Revolusi Industri 4.0 perubahan terjadi semakin cepat.

“Memang akan banyak bidang pekerjaan yang akan hilang sebagai konsekuensi , tetapi akan banyak pula peluang yang bisa dimanfaatkan anak-anak muda khususnya bidang usaha yang kental dengan pemanfaatan teknologi informasi,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut adalah Rektor dan jajaran Dekan Universitas PGRI Semarang, Perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang, dan CEO Raja Cendol (Danu Sofwan).

Rulli menambahkan, perubahan tersebut juga termasuk soal selera terhadap . “Para pelaku usaha termasuk koperasi dan UKM harus dapat mengantisipasi perubahan-perubahan tersebut, apalagi pergerakan perubahan tersebut semakin cepat,” katanya.

Hal itu karena siapa saja yang lincah dalam mengikuti dan mengadopsi perubahan akan dapat bertahan dan memenangkan persaingan.

Rulli juga mengapresiasi kegiatan Lomba Cerdas Cermat tentang Perkoperasian bagi siswa SMA di provinsi Jawa Tengah sebagai rangkaian kegiatan dari Kopma Universitas PGRI Semarang.

Baca juga :  Kemenkop Gandeng 19 Prodi Kenotariatan

Ia berpendapat kegiatan itu akan mampu mendukung upaya untuk terus meningkatkan pemahaman tentang koperasi di kalangan pelajar dan anak muda.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Semarang DR. Muhdi, SH. M.Hum mengajak para mahasiswa yang hadir untuk menjadi wirausaha dan mengharapkan ada pengusaha besar yang lahir dari Universitas PGRI Semarang.

Muhdi juga mengingatkan bahwa dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 harus yakin bahwa di setiap kesulitan yang ada pasti ada peluang yang bisa dimanfaatkan.