JAKARTA, Indotimes.co.id – Tiga film pendek terbaik berhasil memenangkan Lomba Film Pendek Koperasi yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM pada Oktober 2018.

Ketiga film yang menang diseleksi dari 109 film yang masuk ke panitia lomba. Pengumuman dilakukan hari ini, Jumat (19/10)  melalui akun medsos @kemenkopukm.

“Kami bangga lomba film pendek yang diselenggarakan Kemenkop dan UKM mendapat sambutan luas. Ini suatu apresiasi bagi kami bahwa tema koperasi menarik minat masyarakat khususnya kalangan milenial,” kata Kepala Bagian Humas dan Advokasi Hukum Kemenkop dan UKM, Darmono, Jumat (19/10).

Kemenkop dan UKM melaksanakan lomba film pendek dengan tema Koperasi Milenial untuk mensosialisasikan koperasi dikalangan generasi muda. Sebab, film atau audio visual menjadi medium yang paling menarik bagi generasi milenial untuk mencari informasi.

Sebanyak 109 judul film pendek yang masuk, menyajikan beragam kisah tentang koperasi. Pesertanya juga dari berbagai latar belakang, mulai dari siswa SMA, mahasiswa dan umum dari seluruh tanah air.

Seluruh film yang masuk, diseleksi para juri yang berpengalaman dalam dunia perfilman, yakni Vivian Idris (pegiat film dokumenter/produser), Dennis Adhiswara (aktor/produser), Amrul Hakim (sineas/co-founder Indonesia Film Cooperative).

Para juri menyatakan tidak menduga sambutan yang luas dan karya film yang masuk dikerjakan dengan baik.

“Semua film yang masuk bagus-bagus, semuanya unik. Yang terpilih jadi pemenang yang mengetengahkan keunggulan karya lokal mereka,” kata Dennis Adhiswara.

Vivian Idris juga menyebut karya film yang masuk ke panitia lomba luar biasa. “Saya sangat senang Kemenkop dan UKM sudah mengadopsi medium audio visual,” ujarnya.

Amrul Hakim menambahkan, masyarakat  Indonesia niat sekali. “Semuanya karya terbaik,” ujarnya.

Lomba Film Pendek Koperasi mengangkat tema Koperasi Milenial. Panitia menetapkan durasi film 5-10 menit dan harus karya orisinal.

Para pemenang yaitu Juara 1 dengan judul film “Prasangka”  karya Nunukan Film dari  Nunukan – Kalimantan Utara. Juara 2 berjudul Kas karya SMA Islam Kepajen Malang dari Malang, Jawa Timur dan juara 3 berjudul Si Sani karya Dwi Awan dari Kota Samarinda.