BANDUNG, Indotimes.co.id – Menteri Koperasi dan Puspayoga menegaskan keberpihakan pemerintah terhadap penguatan daya saing UKM sangat nyata. Sejumlah telah dikeluarkan untuk memberi kemudahan bagi UKM selama empat tahun ini.

“Empat tahun adalah tahunnya UKM. Banyak yang dikeluarkan pemerintah untuk memberi kemudahan bagi UKM,” kata Puspayoga saat pembukaan Musyawarah Nasional I International Council for Small Business (ICSB) Indonesia di Universitas Parahyangan, Bandung, Sabtu (27/10).

Menteri menyebut penurunan suku bunga menjadi 7 persen dan penurunan pajak UMKM menjadi 0,5 persen adalah sebagian dari kemudahan tersebut.  Kebijakan tersebut telah memberikan dampak terhadap pertumbuhan UMKM.

“Luar biasa komitmen Pak terhadap UKM,” kata Puspayoga.

Dia menegaskan nasional dalam empat tahun terakhir berjalan sangat baik meski di tengah ketidakpastian global. UMK telah terbukti menjadi penyangga seperti tahun 1998.

Baca juga :  Mensos Antar Langsung 5 Pemulung ke Grand Kamala Lagoon: Mereka akan Mulai Kerja Hari ini

Karena itu, Puspayoga menilai keberadaan strategis untuk mendukung perkembangan menjadi pemain global.

tidak bisa hanya sebagai pemain domestik tapi bersaing sampai ke paaar global,” kata Menteri Puspayoga.

Ia menjelaskan ikut mendukung pemerintah untuk mencapai pembangunan kesejahteraan.

Indonesia Hermawan Kartajaya mengatakan ICSB sebagai organisasi nonprofit membantu pengembangan kewirausahaan di tanah air bersama empat pilar pendukungnya, yaitu akademisi, peneliti, pemerintah dan pelaku bisnis.

Pada saat yang sama Hermawan melantik pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) seluruh Indonesia. Para korwil yang akan berperan aktif untuk menggerakkan para di daerah.

Rektor Universitas Parahyangan mengatakan Dr. Mangadar Situmorang menyebut sebagai forum yang mempersatukan berbagai identitas, termasuk kampus, untuk membangun Indonesia yang lebih kuat.