JAKARTA, Indotimes.co.id – Kompetisi Liga Bola Voli Profesional (Proliga) 2019 akan digelar mulai 7 Desember 2018 hingga 24 Februari 2019 mendatang. Tidak jauh berbeda dengan perhelatan musim sebelumnya, Proliga yang kini memasuki tahun ke-18, akan digelar di delapan kota di tanah air, Yogyakarta, Gresik, Bandung, Kediri, Pekanbaru, Malang, Solo, serta Palembang.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty menyatakan, Proliga 2019 berbeda dengan Proliga sebelumnya. Pada Proliga 2019 ini dilaksanakan lebih awal yakni dimajukan pada Desember 2018. Dimana untuk pembukaan dan penutupan Proliga 2019 akan digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta

Menurut Hanny, dimajukan jadwal Proliga 2019, dikarenakan adanya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legistatif (Pileg) pada tahun depan. “Kita menghormati adanya pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada bulan April 2019. Makanya waktunya lebih awal,” ujar Hanny pada acara kick-off dan konperensi pers Proliga 2019 di Jakarta, Rabu (28/11).

Hanny juga menjelaskan untuk Proliga 2019, laga final akan digelar selama dua hari. Bila pada Proliga sebelumnya laga final digelar pada hari Minggu, namun untuk llai ini akan digelar pada hari Sabtu dan Minggu. Yaitu final perebutan juara kelompok putri digelar pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 dan final perebutakan gelar juara kelompok putra pada hari Minggu, 24 Februari 2019.

Hanny menambahkan pelaksanaan final Proliga menjadi dua hari disebabkan adanya minat penonton yang begitu membludak selama pada laga final sebelumnya di Yogyakarta. “Dengan adanya final dua hari ini diharapkan penonton terbagi dua, Sabtu dan Minggu,” ungkap Hanny, yang juga Ketua V Bidang Pertandingan dan Kompetisi PP PBVSI itu.

Ajang Kompetisi Proliga 2019 ini diikuti lima tim putri dan enam putra. Lima tim putri yaitu Jakarta Pertamina Energi, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Bandung Bank bjb Pakuan, Jakarta BNI 46, dan Jakarta Elektrik PLN.
Sedangkan enam tim putra antara lain Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Jakarta Garuda, Sidoarjo Aneka Gas Industri.

Pada Proliga 2019, terdapat dua tim pendatang baru, di bagian putra, yakni Jakarta Garuda dan Sidoarjo Aneka Gas Industri.

Loading...