BOGOR, Indotimes.co.id – PSS Sleman tampil sebagai juara Kompetisi Liga 2 Indonesia 2018, setelah di final menundukan Semen Padang 2-0 (2-0) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (4/12) malam. Sukses ini membawa kembali tim berjuluk ‘Super Elang Jawa’ berkiprah ke kompetisi bergengsi Liga 1 pada musim depan, setelah terdegradasi pasa musim lalu.

Dua gol PSS Sleman dicetak Cristian Gonzales pada menit ke-18 dan Rifal Lastori menit ke-26. Hasil 2-0 sudah cukup mengantarkan pasukan Seto Nurdiantoro menjadi kampiun Liga 2 musim ini.

PSS yang di semifinal menyingkirkan Kalteng Putra, mendominasi jalannya pertandingan. Berkali-kali, anak-anak Sleman menggempur pertahanan Semen Padang.

Pemain naturalisasi, Cristian Gonzales membuka keunggulan PSS melalui tandukannya pada menit ke-18. El Loco menyundul bola ke sudut sempit gawang Semen Padang.

Belum sempat pemain Semen Padang membalas ketinggalam, lagi-lagi PSS Sleman menjebol gawang Semen Padang. Kali ini giliran Rifal Lastori yang mengoyak gawang tim ‘Kabau Sirah’. Memanfaatkan bola muntah, Rifal menyambutnya dengan tendangan kaki kanan, yang tak mampu diselamtakan penjaga gawang Semen Padang. Skor 2-0 untuk keunggulan PSS hingga turun minum.

Di babak kedua, Semen Padang mengambil inisiatif serangan, anak-anak Bukit Indarung, berusaha untuk memperkecil ketinggalan untuk menyamakan kedudukan.

Namun, pertahanan PSS masih disiplin untuk ditembus Irsyad Maulana dan kawan kawan. Namun hingga pertandingan berakhir skor 2-0 untuk keunggulan PSS tetap tidak berubah. Hasil ini sekaligus membawa PSS Sleman menjadui juara Liga 2 musim 2018.

Hasil ini juga membawa kedua tim promosi ke Liga 1 2019. Sedangkan satu tiket tersisa direbut Kalteng Putra FC, yang berhasil mengalahkan Persita Tangerang 2-0, pada laga perebutan tempat ketiga Liga 2 2018.

Dua gol kemenangan Kalteng Putra FC atas Persita Tangerang dihasilkan melalui gol, Dendi Agustan Maulana dan I Made Wirahadi. Kalteng Putra menjadi pendatang baru di Liga 1, mengingat dua tim promosi lainnya PSS Sleman dan Semen Padang sebelumnya pernah berkiprah di Liga 1 pada musim lalu, sebelum terdegradasi pada musim ini.