JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) mengirim dua atlet polo air putra untuk mengikuti salah satu Liga Polo Air palIng bergensi di Serbia.

Dua pemain tim polo air nasional yang dipersiapkan menuju SEA Games 2019, Rezza Auditya Putra dan Ridjkie Mulia akan bergabung dengan klub VK Belgrade untuk mengikuti Liga 1 Serbia. 

“Mereka akan bergabung selama dua bulan di bawah asuhan pelatih Nikola Milosavljevic. Mereka akan menetap di Belgrade mulai 24 Januari sampai 26 Maret mendatamg. Ini kesempatan emas untuk Ridjkie dan Rezza karena tidak mudah bisa bermain di Liga Top Polo Air Serbia. Tim Polo Air Serbia adalah juara Olimpiade, kami berharap dua pemain ini dapat menimba ilmu polo air dari tim terkuat di dunia,” kata Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E. Rahardjo di Kantor PB PRSI Jakarta, Selasa (22/1).

Menurut Harlin kedua atlet Indonesia ini benar-benar terpilih oleh pelatih klub tersebut, saat Timnas polo air Indonesia berlatih di sana kala itu. Mereka dIminta untuk berkompetisi di Serbia dan bukan karena permintaan dari PB PRSI.

Herlin menambahkan kesempatan ini pun juga bisa dimanfaatkan untuk persiapan menuju SEA Games 2019 di Filipina.

“Dengan berlaganya dua atlet polo air Timnas di Liga Serbia, tentunya akan menambah jam terbang dan pengalaman bertanding yang bisa dibutuhkan ke Timnas Indonesia. Semoga ini bisa membawa hasil positif di SEA Games 2019 nanti,” jelas Harlin yang juga diamini Ridjkie dan Rezza. 

Menurut Ridjkie, banyak manfaat yang bisa diambil dengan ikut berkompetisi di Liga Polo Air Serbia. “Yang pasti skills individu polo air bertambah. Juga setiap minggu kita akan bertanding, ini akan dipelajari bagiamana mempersiapkan diri untuk bermain setiap pekan. Karena di Indonesia belum ada liga seperti di Serbia,” ungkap Ridjkie, yang juga kapten timnas polo air Indonesia.

Hal senada diutarakan Rezza, yang ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan prestasi polo air Indonesia. “Dengan banyaknya pertandingan yang diikuti, ini sangat bagus untuk melatih mental dan skill. Semoga pengalaman saya di Serbia nanti bakal membantu tim nasional untuk menghadapi SEA Games 2019,” pungkas Rezza.