JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) menembak guna persiapan menghadapi SEA Games 2019 di Filipina.
Seleknas berlangsung 18-25 Januari di Lapangan Tembak Senayan Jakarta.

Ketua Umum PB Perbakin Mayjen TNI Joni Supriyanto, mengatakan Seleknas yang digelar ini sebagai persiapan menjelang SEA Games 2019 di Manila, Filipina, serta Olimopiade Tokyo 2020, Jepang.

Menurut Joni Seleknas memperlombakan seluruh nomer, yakni 22 nomer, untuk menjaring penembak terbaik yang akan di persiapkan baik untuk SEA Games 2019 maupun Olimpiade 2020 mendatang. Untuk SEA Games 2019 Filipina, PB Perbakin sendiri menargetkan 3 medali emas.

“Di setiap nomor ada empat orang dan satu timnya ada dua orang. Seleksi ini kita siapkan disamping untuk Sea Games 2019 juga untuk Olimpiade Jepang 2020. Jadi ada nomor yang dilombakan di SEA Games tapi tidak dilombakan di Olimpiade. Untuk di SEA Games ada 22 nomor dan Indonesia mengikuti semua nomor,” ujar Joni, dihadapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang meninjau Seleknas,di Lapangan Tembak Senayan, Rabu (23/1).

Menpora Imam Nahrawi, dihadapan para peserta Seleknas Menembak,
mengatakan kegiatan seleknas yang digelar PB Perbakin sebagai hal menggembirakan, sebagai bentuk keseriusan cabang olahraga menembak dalam membidik prestasi terbaik di ajang SEA Games mapun Olimpiade.

“Saya baru sekarang bisa melihat langsung bagaimana proses seleksi dilakukan secara terbuka oleh PB Perbakin. Itu artinya ada komitmen yang luar biasa dari ketua umum dan jajaran untuk memastikan bahwa ke depan kita harus jadi pelaku dengan membawa kegembiraan bagi Indonesia untuk dengan sebuah medali. Kita tahu, di Asian Games 2018 kita hanya dapat satu perak,” ujar Imam.

Imam berharap Seleknas ini akan memotivasi kita semua atlet menembak untuk dapat tampil diajang multievent SEA Games dan Olimpiade. Khusus Olimpiade, tentunya ada kualifikasi, dan itu harus kita maksimalkan dan harus ada prioritas.

Sementara itu, Ketua Binpres PB Perbakin, Sarozawato Zai mengatakan bahwa, Seleknas yang diselenggarakan ini sebagai penyaringan awal untuk persiapan menuju SEA Games 2019 di Filipina.

Menurutnya dari masing-masing nomor yang diperlombakan nantinya akan di ambil dua penembak terbaik yang akan masuk dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Gaeme.

“Dari seleksi nasional ini nanti kita akan saring menuju pelatnas, dan kami juga akan menerapkan sistem promosi degradasi untuk melihat perkembangan para atlet,” jelas Sarozawato.

Sarozawato menambahkan pada SEA Games 2019 Filipina mempertandingkan 22 nomor, diantaranya 10 meter air rifle putra, 10 meter air rifle putri, 10 meter air rifle beregu campuran (mixed team), 10 meter air pistol putra dan 10 air pistol putri.
Selain itu, ada nomor 10 meter air pistol beregu campuran (mixed team), nomor trap putra peroarangan, nomor trap beregu putra, nomor PPC WA1500 perorangan putra, PPC WA 1500 perorangan putri PPC WA 1500 beregu putri.