TANGERANG, Indotimes.co.id – Calon anggota legislatif (caleg) DPRD Provinsi Banten H Nanang Kurniawan, S.Pd, M.Pd mengajak generasi muda khususnya kalangan siswa sekolah menengah tingkat atas (SMA) se-Kabupaten Tangerang untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Sebab tanggung jawab terhadap pemeliharaan lingkungan hidup perlu ditanamkan kepada generasi muda dengan berbagai cara, termasuk lewat pendidikan di sekolah. 

“Siswa SMA terlebih yang berada di Kelas 12 harus mengetahui siapa ketua RT, RW di lingkungan tempat tinggalnya juga harus siapa Lurahnya. Termasuk juga kepedulian terhadap persoalan lingkungan hidup yang kini kondisinya memprihatinkan itu bisa dilakukan dengan mengajak siswa  menghijaukan lingkungan sekolah,” kata kandidat Doktor Ilmu Politik Universitas Nasional Jakarta dalam keterangannya di Tangerang, Jumat (25/1). 

Dalam kegiatan peduli lingkungan sekitar tersebut, H Nanang Kurniawan sebelumnya mengajak perwakilan siswa/murid untuk berkunjung ke Kantor Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten, Tangerang.

“Perlu ada aksi nyata dari generasi muda kini. Tak hanya membuat status galau, kita bisa kampanyekan peduli lingkungan di sosial media dan mengetahui lingkungan sekitar tempat tinggal,” ujar caleg  PDI Perjuangan nomor urut 6 untuk DPRD Provinsi Banten ini.

Aksi nyata perlu dilakukan dalam keseharian mulai dari diri sendiri. Menurut Nanang, anak muda harus menjadi agen menginspirasi dalam melihat kepekaan masalah lingkungan.

Nanang Kurniawan menambahkan, para siswa juga didorong untuk melakukan kegiatan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan asri harus terus digiatkan di banyak SMA di wilayah Indonesia. 

Program ini mengajak siswa mengenal lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggalnya, kemudian kegiatan dilakukan dengan melibatkan setiap siswa untuk membawa satu pohon yang ditanam di sekolah, lalu berlanjut di rumah dan lingkungan sekitar.