JAKARTA, Indotimes.co.id – Bek kiri Timnas Indonesia U-22, Firza Andika resmi dikontrak klub Liga Belgia AFC Tubize. Pemain asal Klub PSMS Medan ini dikontrak selama dua tahun dengan klub Divisi Dua (First Division B) tersebut mulai musim kompetisi tahun ini.

Penandatangan kontrak Firza Andika dengan AFC Tubize berlangsung di Kantor NorthCliff Sport di Jakarta, Jumat (25/1). Hadir dalam penandatanganan tersebut CEO AFC Tubize Shim Chan-koo dan CEO Northcliff Erry Sulistio.

Bek sayap berusia 19 tahun ini, resmi bergabung AFC Tubize, setelah sebelumnya sempat melakukan trial selama tiga pekan melalui agensi NorthCliff Sport di klub tersebut, beberapa waktu lalu. Hal itulah yang membuat pihak manajeman AFC Tubize terpincut permainan pemuda kelahiran Medan itu.

“Firza memiliki potensi menjadi pemain andal, Firza juga punya semangat untuk mengembangkan talenta yang dimilikinya. Hal inilah yang membuat kami tertarik untuk memboyong Firza dari PSMS,” ujar CEO AFC Tubize Shim Chan-koo.

Sementara itu Firza mengaku bangga mendapat kesempatan untuk bergabung dengan klub AFC Tubize. Dirinya pun siap memanfaatkan pengalaman bermain di Liga Belgia, sekaligus untuk meningkatkan performanya bersama Timnas U-22 Indonesia.

“Tentunya saya bangga bisa mendapat kesempatan untuk menimba pengalaman bersama Tubize. Karena tidak banyak pemain Indonesia yang punya pengalaman untuk menimba ilmu ke Eropa,” ujar Forza seusia penandatangan kontrak.

Menurut Firza, nantinya pengalaman yang didapatkannya ini, akan membantu dirinya untuk meningkatkan performa, baik untuk Tubize maupun di Timnas Indonesia.

Firza menambahkan dirinya tidak punya masalah untuk beradaptasi. Ia bahkan mengaku sudah mengetahui kondisi cuaca dan makanan di Belgia, karena seblumnya dia telah menjalani trial disana.

“Itulah salah satu alasan saya menerima tawaran ini. Karena saat menjalani tes di sana, saya sudah mengetahui kondisi di sana,” imbuh Firza.

Pihak NorthCliff Sport, melalui CEO mereka Erry Sulistio mengatakan Firza dipilih sebagai salah satu pemain muda Indonesia berpotensi besar untuk bisa mengembangkan kemampuannya bermain di Eropa.

“Tentu ada banyak pemain yang punya kemampuan yang luar biasa. Namun sebagai sponsor utama PSMS, kami kemudian memilih Firza sebagai salah satu pemain yang beruntung untuk mendapat pengalaman ini,” ungkap Ery.

Ery berharap dengan bergabungnya Firza bersama Tubize, bisa memotivasi para pemain muda lainnya untuk menjadi bintang masa depan Timnas Indonesia.

“Ada banyak pemain yang pernah mendapat kesempatan untuk bermain di Eropa dan menjadi bintang masa depan Timnas Indonesia. Harapan saya, Firza pun demikian setelah pulang ke Indonesia,” pungkas Ery.