JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi Optimis cabang eSport mampu menyumbanhkan empat medali emas pada ajang SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Meskipun cabang baru yang dipertandingkan pada pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut, namun kemapuan para atlet eSport Indonesia cukup mumpuni meriah pretsasi yang terbaik.

Hal tersebuit dikatakan Imam pada acara konferensi pers “Piala Presiden eSport 2019 di Aula Serbaguna, Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (27/1).

Menurut Imam, eSport meskipun cabang baru, namun dia yakin cabang ini akan mengharumkan nama Indonesia lewat olahraga. Terlebih lagi Indonesia eSport Assosiation (IeSPA) induk organisasi cabang ini tekah melakukan persiapan yang matang untuk tampil di SEA Games 2019 mendatang.

“Ini nanti akan membawa martabat Indonesia ke dunia. Nanti di SEA Games 2019 di Filipina akan dipertandingkan dan saya yakin setidaknya 4 medali emas (bisa diraih). Di Asian Games berikutnya, saya juga berharap medali emas akan diraih sebanyak-banyaknya,” ujar Imam.

Kehadiran eSport ini merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi para pemain game. Untuk itu, Imam ingin hal ini dikawal sedemikian rupa, agar eSport Indonesia terus berprestasi.

“Ini momentum juga bagi para atlet eSport untuk membuktikan diri bahwa mereka memang sangat pantas untuk mewakili Indonesia di multi-event seperti SEA Games maupun Asian Games yang akan datang. Berikutnya, tentu harus dibuka di level rendah lagi di sekolah, bahkan di pelajar. Pelatih harus masuk ke sana, dan harus ada kolaborasi,” jelas Imam pula.

Dengan memperhatikan para pelajar, hal ini bertujuan untuk mempermudah mencari atlet dimasa mendatang. Oleh karenanya, olahraga yang membutuhkan konsentrasi ini perlu pendamping seperti pelatih, ahli nutrisi hingga ahli fisik. “Piala Presiden 2019 ini juga menjadi bagian untuk mencari atlet di Sea Games maupun Asian Games berikutnya,” imbuh Imam.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga menyambut baik adanya Piala Presiden eSport 2019 pertama Indonesia ini. Kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi Bekraf, Kemenpora, Kantor Staf Kepresidenan, Kominfo dan Indonesia eSport Premier League (IESPL).

“Setelah gelaran Asian Games tahun lalu, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar pada eSport dan melihat adanya potensi besar dari industri ini demi kemajuan Indonesia. Ini merupakan wujud nyata untuk mengembangkan nilai sportifitas,” kata Moeldoko.

Kompetisi ini akan digelar di sejumlah daerah, mempertandingkan game Mobile Legends. Game ini dipilih karena menjadi salah satu primadona para gamers saat ini. Piala Presiden eSport 2019 digelar dengan tujuan menciptakan serta mewadahi ekosistem eSport yang semakin berkembang. Lebih jauh lagi, agar dunia eSport Indonesia tidak hanya berkembang, tetapi juga lebih siap berlaga ditingkat dunia.