JAKARTA, Indotimes.co.id – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengirim pelatih tim nasional usia dibawah 16 tahun (timnas U-16) Bima Sakti guna mendampingi Program Garuda Select U-17 ke Inggris. Pengiriman tersebut sebagai bagian persiapan Bima Sakti sebelum menangani Timnas U-16 yang diembannya kini.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/1). Bima akan mendampingi 24 pemain yang terpilih dalam program Garuda Select ke Inggris, dimana mayoritas dari para pemain yanh dikirim tersebut merupakan para pemain timnas U-16.

Menurut Ratu Tisha Bima Sakti akan ke Inggris, dia akan berangkat Kamis (31/1), dengan beberapa tujuan selama berada disana, terkait program Garuda Select.

“Khusus program Garuda Select merupakan ujung dari Elit Pro Academy, yang memberikan kesempatan kepada pemain dan pelatih untuk menimba pengalaman, berlatih dan bertanding di luar negeri,” jelas Ratu Tisha.

Bima Sakti akan masuk ke dalam tim kepelatihan, tepatnya mengisi pos asisten pelatih. Garuda Select diarsiteki Des Walker, sementara Dennise Wise berperan sebagai Direktur Program.

“Untuk penunjukkan Bima dalam program Garuda Select, mengingat ada empat slot pelatih yang terdiri dari tiga pelatih klub dan satu pelatih timnas. Kami sudah memutuskan dalam rapat Komite Eksekutif bahwa Bima nanti ditunjuk sebagai pelatih Timnas U-16,” papar Ratu Tisha.

Ratu Tisha menambahkan PSSI berharap Bima Sakti mendapat ilmu dan pengalaman baru, yang bisa diterapkan saat menangani Timnas Indonesia U-16. “Khusus untuk proyek timnas, kami fokuskan Bima. Sangat sederhana, ia adalah pelatih masa depan Indonesia yang harus ditempa kapasitas dan kualitasnya,” tandas Ratu Tisha.

Pada tahun ini, Timnas Indonesia U-16 arahan Bima Sakti punya agenda, salah satunya Piala AFF U-15 2019 yang akan digelar di Thailand, 27 Juli sampai 9 Agustus mendatang.

Program Garuda Select merupakan kerjasama antara PSSI dengan Super Soccer TV, yang memberikan beasiswa kepada 24 pemain dibawah usia 16 tahun (U-16) untuk mengikuti program pendidikan sepak bola selama 6 bulan di negara Inggris.

Program ini berlangsung dari Desember 2018 lalu hingga Mei 2019 mendatang, sebagai bagian program jangka panjang pembentukan timnas Indonesia yang ditargetkan bisa lolos Olimpiade Paris 2024.