JAKARTA, Indotimes.co.id – Sejumlah bintang bulutangkis terkenal bakal meramaikan Turnamen Djarum Superliga Badminton 2019 yang berlangsung di GOR Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Jawa Barat, 18-24 Februari 2019 mendatang. Turnamen yang menggunakan format Thomas dan Uber Cup ini, diikuti para pebulutangkis dunia, baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Sederet nama seperti Jonatan Christie, Lee Yong-dae (Korsel), Sai Praneeth (India), Vladimir Ivanov (Rusia), Zhang Beiwen (Amerika Serikat), dan Li Michelle (Kanada) dipastikan akan ambil bagian.

Ketua Panitia Penyelenggara Djarum Superliga Badminton, Ahmad Budiharto di Jakarta, Kamis (31/1) mengatakan ini merupakan kejuaraan liga yang ketujuh yang digelar.

Menurutnya seluruh pemain tersebut bakal terpencar pada 13 klub putra dan putri peserta Superliga Badminton tahun ini. Dengan format pertandingan layaknya Piala Thomas dan Uber, setiap tim akan menampilkan dua pebulutangkis tunggal, baik di nomor putra maupun putri, serta tiga pasang ganda putra dan putri.

“Tidak semua klub bisa bertanding ke luar negeri dan mengikuti turnamen di sana. Jadi ini adalah momen yang bagus bagi klub-klub di Indonesia untuk bisa merasakan atmosfer turnamen internasional,” ujar Achmad Budiharto.
Tentang pilihan Kota Kembang Bandung sebagai venue pertandingan Superliga kali ini, menurut Budiharto karena faktor antusiasme penggila bulutangkis di Bandung sangat besar.

“Kami sengaja menggelar Djarum Superliga Badminton 2019 di Bandung pada tahun ini. Masyarakat Bandung memiliki antusiasme yang besar untuk bulutangkis dan sudah lama tidak ada turnamen bulutangkis sekelas turnamen internasional di sana. Jadi kami ingin membawa turnamen ini ke sana dan membawa pebulutangkis top ke sana agar atmosfer pertandingan semakin menarik,” ungkap Budiharto.

Para pebulutangkis Indonesia yang bakal tampil selain Jonatan Christie, adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Anthony Sinisuka Ginting, Greysia Polii, Hendra Setiawan, dan Mohammad Ahsan.

Mereka akan tampil membela klubnya masing-masing, seperti Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Berkat Abadi, Musica, Sport Affairs, Hitachi, Daihatsu Astec, Mutiara Cardinal, Jatim United, Tiket.com Champion Klaten, Samurai Reptiles Granular, dan Saishunkan Unisys.

Superliga Badminton 2019 untuk tahun ini memperebutkan total hadiah sebesar 300 ribu dolar AS, atau sekitar Rp4,25 miliar. Pemenang Superliga Badminton akan mendapatkan 80 ribu dolar, sementara runner-up mendapatkan 40 ribu dolar, peringkat ketiga dan keempat masing-masing 20 ribu dolar dan 10 ribu dolar.