JAKARTA, Indotimes.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggandeng Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) untuk menggelar seleksi pemain untuk Timnas Pelajar U-15. Tim ini akan dipersiapkan untuk ajang Iber Cup 2019 di Estoril, Portugal mulai 1-6 Juli mendatang.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta di Jakarta, Rabu (6/2) mengatakan saat ini telah terjaringi 90 pemain, 75 pemain di antaranya merupakan jebolan dari turnamen Piala Menpora U-14 putaran nasional 2018. Sisanya, adalah pemain-pemain yang terjaring pada putaran tingkat provinsi.
Isnanta, berharap turnamen itu bisa dimaksimalkan untuk menambah pengalaman pemain usia dini. Apalagi, mereka punya kesempatan tampil di negara Eropa (Portugal).

“Tahun lalu kita kirim ke China, kali ini kami ingin tantangan yang lebih besar karena di Eropa dan Amerika Latin pasti banyak klub-klub top di sana. Kemenpora memandang penting karena selain pembinaan berjenjang juga perlu kompetisi internasional,” ujar Raden.

Isnanta menambahkan para pemain nantinya punya pengalaman bertanding pada level internasional. Tentu kedepannya mereka harus menjadi Macan Asia dan bisa mentas di negara yang lebih besar seperti Eropa dan Amerika Latin. Sehingga kita perlu tantangan yang lebih besar lagi.

“Tentu kami berharap mereka dapat satu ilmu yang luar biasa, dan iklim yang kondusif usia muda, bagaimana bermain dengan suhu berbeda, karakter bermain bola yang berbeda. Ini yabg harus dipetik untuk anak-anak generasi kita,” tandas Isnanta.

Sementara itu Manajer Timnas Pelajar U-15, Ray Gistafson Manurung, menyebut seleksi akan dilakukan lewat tiga kali training camp. Nantinya, hanya 18 pemain terbaik yang akan terbang ke Estoril. Seleksi pertama digelar 14-18 Februari di Stadion Siliwangi, Kabupaten Bandung. Kemudian, TC kedua dimulai sekitar April sampai Mei. “Tapi, lokasinya masih menunggu identifikasi cuaca di lokasi pertandingan. Jika cuaca dingin di Lembang, kalau panas di Jakarta atau Bali,” jelasnya.

Untuk TC kedua juga masih akan digelar di Indonesia. Setelah menjalani dua TC tersebut, barulah para pemain terbaik yang terpilih, diterbangkan ke Portugal.

Pihak Kemenpora menunjuk sejumlah mantan pemain Timnas, seperti Rully Nere, Rudy William Keltjes, dan Herry Kiswanto dalam proses seleksi tersebut. Sementara, untuk posisi pelatih kepala Timnas Pelajar Indonesia U-15, masih belum diputuskan.

Diantara beberapa calon pelatih, nama mantan pemain timnas Firman Utina disebut-sebut menajdi calon kuat yang bakal menangani Timnas U-15 tersebut.