JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum PB Pelti, Rildo Ananda Anwar mengapresiasi keberhasilan tim Piala Federsasi (Fed Cup) Indonesia yang sukses mempertahankan tiket di Grup I Zona Asia Oceania, setelah menundukkan Thailand 2-1 pada laga relegation play-off di Astana, Kazahkstan, Sabtu (9/2) lalu.

Menurut pihaknya senang tim Fed Cup Indoensia mampu mempertahana posisinya berada di Grup Zona 1 Asia-Oceania dalam kurun waktu delapan tahun terakhir. Tentunya hal ini sangat baik, dan PB Pelti akan mempertahankan tim ini untuk SEA Games Filipina, Oktober 2019 mendatang.

“Tim ini akan dipertahankan selama seleksi junior yang belum masuk ke level mereka. Tapi, untung SEA Games nanti kami akan akomodiri tim tersiri dari 60 persen junior dan 40 senior,” ujar Rildo saat menyambut kedatangan Tim Fed Cup Indonesia di Sekretariat PB Pelti di Stadioan Tenis Senayan, Jakarta, Senin (11/2).

Menurut Rildo untuk SEA Games Manila, PB Pelti akan mengadalkan para petenis terbaik Inondesia, yang bermaterikan 60 persen petenis junior dan 40 persennya para petenis senior.

Rildo menambahkan dengan perpaduan petenis junior dan senior, pihaknya optimis tim tenis Indonesia bis amencetak prestasi terbaiknya pada pesta akbar olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Pada laga play-off di Astana, Kazahkstan, skuad Fed Cup Indonesia yang bermaterikan Beatrix Gumulya, Aldila Sutjiadi, Jessy Rompies, dan Deria Nur Halizq unggul 2-1 atas Thailand, melalui Aldila Sutjiadi yang membuka kemenangan setelah menundukan Nudnida Luangnam dengan rubber set 3-6, 6-0, dan 7-6 (5).

Namun Tim Fed Cup Thailand mampu menyamakan kedudukan, setelah tunggal kedua mereka Peangtarn Plipueck mengatasi permainan Beatrix Gumulya juga dengan rubber set 7-5, 4-6 dan 4-6.

Kemenangan tim asuhan Deddy Tedjamukti ini ditentukan pada nomor ganda, dimana pasangan JessyRompia/Aldila Sutjiadi menangn dua set langsung atas pasanganThailand Nudnida Luangnam/Peangtarn Plipuech 6-2, 7-6 (3).

Sukses ini membawa tim Fed Cup Indonesia terhindar dari zona degradasi Grup II Asia Oceania, sekalgus tetap bertahan di Grup I Oceania.”Selama ini posisi tim Fed Cup selalu pasang-surut. Namun, kali mereka stabil di Grup 1,” imbuh Rildo.

Ditempat yang sama, petenis peraih medali emas Asian Games XVIII tahun 2018, Aldila Sutjiadi mengaku senang bisa mengatasi permainan Nudnida Luangnam, yang memiliki service yang sangat keras..

“Perjuangan ini belum berakhir, sekaligus menjadi modal kami untuk tampil pada SEA Games 2019 di Manila mendatang,” pungkas Aldila.