JAKARTA, Indotimes.co.id – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (18/2), memunculkan tiga nama untuk mengisi pos Komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB). Ketiga nama yang dimaksud adalah Manajer Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman, Presiden Madura United Achsanul Qosasi, dan Owner Bali United Pieter Tanuri.

Ketiga nama tersebut diusulkan, menyusul mundurnya tiga petinggi PT LIB selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 , yaitu Glenn Sugita sebagai Komisaris Utama, Rambu Cahyo selaku Komisaris, dan Berlinton Siahaan yang merupakan Direktur Utama yang telah disetujui para pemegang saham.

Nama Hasnuryadi, Achsanul Qosasi, dan Pieter Tanuri sepakat diusulkan oleh 18 klub Liga 1 sebagai pemegang saham mayoritas PT Liga Indonesia Baru (LIB). Ketiganya akan dibahas di level Komite Eksekutif PSSI.

“Usulan Komisaris ada tiga nama, Achsanul, Hasnur, dan Pieter dari Bali United,” kata Media Officer Arema FC, Sudarmaji, kepada wartawan sesuai RUPS.

Menurut Sudarmaji, ada alasan di balik usulan klub. “Achsanul mewakili birokrasi, Pieter kita tahu bersama Bali United sukses di aspek industri. Sementara Hasnur merupakan anggota legislatif. Harapannya menjadi kombinasi yang mewakili klub,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan manajer Madura United, Haruna Soemitro, yang mengatakan semua klub Liga 1 setuju kalau ketiganya menggantikan tiga komisaris sbelumnya yang mengundurkian diri.

“Komisaris nantinya akan memutuskan direksi, termasuk untuk menggantikan Berlinton Siahaan sebagai Direktur Utama. “Direksi belum ada,” tegas Haruna.

“Apa sih susahnya, kita bisa bayar, meng-hire CEO atau direksi yang punya kapabilitas dari luar atau orang asing, serta yang sudah punya pengalaman mengelola liga maju di Eropa atau di tempat lain,” sambung Haruna.

RUPS PT LIB ditandai mundurnya tiga komisaris, yang akhirnya disetujui para pemegang saham PT LIB. Selepas pengunduran diri itu, para pemegang saham menggelar rapat tanpa dihadiri ketiga pihak yang mundur.

Para pemegang saham ini adalah 18 klub Liga 1 (99 persen) dan PSSI (1 persen). Mereka berunding untuk memunculkan calon Komisaris Utama, Komisaris, dan Direktur Utama. Dalam pertemuan singkat sekitar 30 menit, akhirnya memunculkan tiga nama, yaitu Achsanul Qosasi, Pieter Tanuri, dan Hasnuryadi Sulaiman.

Selanjunya ketiga calon komisaris PT LIB ini akan diusulkan kepada PSSI sebagai pemegang saham emas atau golden share. Keputusan akan diambil paling cepat 10 hari ke depan.

Namun menurut Manajer Madura United Haruna Soemitro, dari ketiga nama tersebut belum dapat dipastikan yang akan mengisi jabatan direktur utama. Saat ini masih dibahas apakah jabatan tersebut akan diisi dari ketiganya atau mencari orang professional.