JAKARTA, Indotimes.co.id – Laga Persib Bandung melawan PS Tira Persikabo menjadi laga pembuka Turnamen Sepakbola Piala Presiden 2019 yang akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung pada 2 Maret 2019 mendatang.

Piala Presiden 2019 akan berlangsung mulai 2 Maret hingga 12 April 2019 mendatang diikuti 20 tim peserta, yang terdiri 18 tim dari Liga 1 dan 2 tim dari Liga 2.

Ketua Organizing Committe Piala Presiden 2019, Iwan Budianto, mengatakan Piala Presiden 2019 akan menjadi ajang pra-musim sebelum digulirkannya Kompetis Liga 1 dan Liga 2 tahun 2019 ini.

Menurutnya ajang Piala Presiden 2019 ini, menjadi turnamen yang keempat kalinya digelar. Untuk tahun ini lima kota akan menjadi tuan rumah, dan terbagi dalam lima Grup pada babak penyisihan.

”Terima kasih akhirnya turnamen Piala Presiden bisa digelar kembali. Turnamen ini yang keempat kalinya digelar, yang sangat ditunggu oleh klub-klub peserta kompetisi,” ujar Iwan, saat jumpa pers di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Selasa (19/2).

Iwan menjelaskan pihaknya telah mengumpulkan perwakilan klub dari 20 peserta turnamen ini, dalam pertemuan pada Minggu (17/2). Semua sepakat untuk kembali menggelar turnamen ini sebagai ajang pra-musim

Iwan menambahkan dari 20 tim peserta di babak penyisihan, akan ditentukan 8 tim yang berhak lolos ke babak delapan besar. Tim yang lolos adalah juara dari setiap grup ditambah tiga tim runner-up terbaik dari lima grup yang ada.

Selanjutnya pada babak delapan besar akan ditentukan empat tim yang lolos ke babak semifinal. Untuk babak semifinal, Panpel akan menerapkan pertandingan home and away, begitu juga pada laga final, yang juga menggunkan pertandingan home and away.

“Beda dengan Piala Presisen seblumnya, untuk tahun ini pertandingan final Panpel menggunakan sitem home and away,” ungkap Iwan, yang juga menjabat Wakil Ketua Umum PSSI itu.

Soal hadiah dan subsidi, menurut Iwan nilai akan sama seperti Piala Presiden 2018. “Tidak ada perubahan sama seperti sebelumnya. Juara utama hadiahnya Rp 3,3 miliar. Ada hadiah juga untuk pemain terbaik dan pemain muda terbaik,” imbuhnya.

Mengacu musim lalu, runner-up akan mendapatkan Rp 2,2 miliar. Kemudian, tim yang kalah di babak semifinal akan meraih uang sebesar Rp 750 juta.

Pihak penyelenggara bakal memberikan match fee di setiap pertandingan mulai dari fase grup hingga babak perempat final. Tim yang menang bakal meraih Rp 125 juta, sedangkan tim yang kalah menerima Rp 75 juta. Jika meraih hasil imbang, masing-masing tim mendapatkan Rp 100 juta.

Klub yang bertindak sebagai tuan rumah juga akan mendapatkan subsidi. Bagi klub yang tidak menjadi tuan rumah akan mendapatkan dana transportasi.

Pembagian Grup Piala Presiden 2019 ;

Grup A (Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung)
Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Perseru Serui, dan PS TIRA Persikabo Bogor

Grup B (Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi)
Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United, dan Mitra Kukar

Grup C (Stadion Moch Soebroto Magelang)
PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura, dan Kalteng Putra

Grup D (Stadion Maguwoharjo Sleman)
PSS Sleman, Persija Jakarta, Madura United, dan Borneo FC

Grup E (Stadion Kanjuruhan Malang)
Arema FC, Persela Lamongan, Persita Tangerang, dan Baritp Putera.