JAKARTA, Indotimes.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan apresiasi atas keberhasilan Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia yang berhasil meraih gelar juara pada Piala AFF U-22 di Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2) malam.

Kemenpora bersama pihak Angkasa Pura II menggelar upacara penyambutan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soeta), Tangerang, Banten, Rabu (27/2) malam. Apresiasijuga ditandai pemberian bonus kepada tim ‘Garuda Muda’ sebesar Rp 2,1 miliar.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang menyambut kedatangan Timnas U-22 di Bandara Soekarno Hatta, secara simbolis menyerahkan langsung bonus sebesar Rp 2,1 miliar kepada kapten timnas U 22 Bagas Adi Nugroho yang didampingi pelatih Indra Sjafri.

Adapun rincian bonus yang diberikan Kemenpora, yaitu kepada pelatih kepala dengan nominal Rp 100 juta, Asisten Pelatih sebanyak 4 orang masing-masing menerima Rp 62,5 juta, ofisial tim sebanyak 8 orang masing-masing akan mendapatkan Rp 32 juta. Sedangkan untuk pemain dengan jumlah 23 pemain, masing-masing akan menerima Rp 65 juta.

“Untuk masalah rewards, perlu saya tegaskan bahwa pemerintah pasti akan memberikan perhatian terhadap prestasi ini. Seperti penyaluran bonus sebelumnya, semua bonus akan diserahkan langsung ke rekening pemain, pelatih, asisten pelatih, ofisial dan yang lainnya.” kata Imam yang hadir bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, dan Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Imam berharap apresiasi yang diberikan pemerintah ini jangan dilihat besar dan kecilnya, karena menurutnya bonus tersebut pemacu semangat bagi tim untuk berprestasi di ajang berikutnya. “Kita tahu bahwa setelah juara Piala AFF U 22 ini, mereka akan masuk pelatnas untuk persiapan Piala AFC yang akan digelar bulan Maret mendatang. Selain itu mereka juga akan disiapkan untuk SEA Games Filipina 2019 mendatang,” tandas Imam.

Sementara pelatih Indra Sjafri mengucapkan terima kasih kepada Menpora dan PSSI yang selama ini sudah mendukung perjuangan Timnas U 22. “Saya bukan sosok penting, sosok pemting adalah para pemain yang berjuang di lapangan. Saya hanyalah sosok orang yang mengumpulkan mereka.

Terima kasih saya ucapkan kepada Menpora, PSSI dan seluruh suporter di Indonesia. Marilah kita bersatu untuk kebaikan sepakbola Indonesia. Berikutnya kita akan fokus menghadapi Piala AFC 2019 dan SEA Games yang kita ingin bisa mematok target medali emas,” kata Indra Sjafri.

Indra menambahkan seusai Pial AFF U-22, pihaknya akan langsung menggelar TC pada 2 Maret mendatang. Selain itu pihaknya juga akan memanggil 7 pemain baru, untuk melengkapai 23 pemain yang ada di Timnas U-22 yang ada saat ini.

Penambahan pemain ini menurutnya untuk memenuhi kebutuahn tim, yang dinilai masih perlu membenahan dan peningkatan kualitas tim. Nantinya dari total 30 pemain yang menjalani TC, pihaknya akan tetap memilih 23 pemain, sesuai regulasi yang diitetapkan AFC.