JAKARTA, Indotimes.co.id – Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pertandingan bola voli persahabatan Intenasional yang didedikasikan untuk mendukung perdamaian dua Korea. Laga ini akan digelar pada 27 april 2019 mendatang di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta.

Hal tersebut diutarakan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) periode 2018-2022, Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo, sesuai pelatikan kepengurusasn PP PBVSI di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2).

Menurut Imam, laga perdamaian ini akan diikuti tiga Negara, selian Indonesia sebagai tuan rumah, juga dua negara Korea yaitu Korea selaran dan Korea Utara.

“Alhamdulillah kita mendapat kepercayaan dari dunia untuk menjadi tuan rumah pertandingan bola voli persahabatan yang membawa misi perdamaian bagi Korea Selatan dan Korea Utara,” ujar Imam.

Orang nomor satu di PP PBVSI ini mengatakan sebagai tuan rumah kita mendapat kesempatan menampilkan dua tim putra dan dua tim putri. “Jadi total ada empat tim putra dan empat tim putri yang ikut serta dalam pertandingan internasional ini. Dalam pertandingan nanti kita akan menurunkan tim-tim pemenang Livoli dan Proliga,” jelas Imam.

Imam menambahkan selain untuk membantu proses perdamaian duo Korea (Korsel dan Korut), pihaknya juga akan memanfaatkan event tersebut untuk ajang menyaring pemain menjadi skuat Timnas Voli Indonesia ke SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

“Kita sudah melihat pemain-pemain yang potensial dari Livoli dan Proliga untuk dipersiapkan ke SEA Games 2019. Pelatnas menuju SEA Games 2019 akan dimulai pada Mei mendatang,” imbuh Imam.

Untuk mematangkan kesiapan Timnas Voli Indonesia, khusus tim putri, PP PBVSI akan mengirimkan mereka mengikuti kejuaraan empat negara se-ASEAN yang terdiri dari Indonesia, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Menyinggung, target di SEA Games 2019, Imam mengatakan PP PBVSI mencanangkan target yang berbeda untuk tim putra dan tim putri. “Untuk putra tentu targetnya emas. Sedangkan untuk putri, kita realistis melihat peta persaingan yang ada. Kita harapkan tim putri juga bisa mempersembahkan prestasi terbaik,” tandasnya.

Sementara untuk voli pantai, Imam mengaku sangat optimis tim voli pantai putra-putri Indonesia bisa meraih emas di SEA Games 2019 Filipina.

Kepengurusan PP PBVSI masa bakti 2018-2022, dilantik secara resmi olehKetua Umum KONI Pusat, Tono Suratman. Dalam sambutan singkatnya Tono berharap olahraga voli Indonesia bisa lebih berprestasi lebih baik lagi.

Tono meyakini kepengurusan PP PBVSI yang baru dilantik ini, memiliki kemampuan yang mumpuni dalam program pembinaan, melihat capaian prestasi yang telah diukir sebelumnya.