JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendukung keikutsertaan Tim bisbol putri Indonesia mengikuti ajang U-15 Australian Youth Women’s Baseball Championship 2019 di Canberra, Australia pada 15-20 April mendatang. Menpora meminta Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) untuk mensupport keberangkatan tim muda Indonesia ini tampil pada ajang internasional tersebut.

Hal tersebut diutarakan Ketua Umum PB Perrbasasi Andika Monoarfa, seusai diterima Menpora Imam Nahrawi di ruang kerja Menpora Lantai 10 Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Senin (4/3).

Menurutnya, Menpora sangat mengapresiasi keinginan tim bisbol putri Indonesia untuk berangkat ke ajang U-15 Australian Youth Women’s Baseball Championship 2019 tersebut. “Pak Menteri (Imam Nahrawi—red), dalam arahannya sangat mengapresiasi dan beliau sangat mendukung atas keinginan tim bisbol putri Indonesia. Beliau juga mengatakan bahwa keinginan tim bisbol putri ini sanga positif sekali, ini harus didukung,” kata Andika.

Andika menjelaskan kehadiranya guna menjelaskan seputar masalah tim bisbol putri Indonesia, yang tengah kesulitan dalam mencari dana untuk tampil di kejuaraan tersebut.

Diakuinya selama ini di PB Perbasasi belum bisa maksimal memberikan dukungan kepada tim bisbol putri, sehingga pihaknya hanya memberikan support terbatas.

Selain itu untuk bisbol putri memang belum popular di Indonesia, namun piihaknya berupaya secara masksimla mencarikan solusinya agar tim ini dapat tampil di kejuaraan internasiponal tersebur.

“Bisbol Putri ini baru saja diperkenalkan kembali oleh federasi internasional, silakan dicek bahwa di dunia belum banyak negara yang mengembangkan,” ungkap Andika.

Andika menambahkan, pertandingan usia dini U-15 adalah merupakan pembinaan belum berfikir prestasi, atau lebih tepatnya sebuah proses untuk menuju prestasi pada jenjang-jenjang selanjutnya atlet-atlet junior dan senior yang memperkuat skuat Timnas.

Selama ini memang suport orang tua menjadi andalan utama kegiatan yang mereka lakukan. Karenanya PB Perbasasi berinisiatif untuk mendorong keikutsertaan mereka tampil pada even internasional, demi menimba ilmu dan menambah wawasan.

“Alhamdulillah, respon dan bukti pemerintah cepat tanggap terhadap perkembangan isu yang berkembang untuk kemajuan olahraga hari ini kami rasakan. Kita lihat secara positif bahwa semangat adik-adik ini luar biasa, dan direspon dengan bantuan pemerintah lengkaplah (orang tua, federasi, masyarakat, dan pemerintah) dalam partisipasi memajukan prestasi,” pungkasnya.