JAKARTA, Indotimes.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung upaya petinju profesional asal Papua, Geisler Ap untuk mengisi kekosongan sabuk juara World Boxing Council (WBC) Asia Pasifik Welter ringan kelas 63.5 kg. Sebagai langkah awal Geisler Ap bakal menantang petinju asal Thailand, Thoedsak Sinam di Balai Sarbini Jakarta pada 30 Maret mendatang.

Dukungan Kemenpora, disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang bertemu Gaisler di kantor Kemenpora, Kamis (14/3).

“Pak Menteri turut memberikan dukungan kepada Geisler untuk berlaga di ajang ini sebagai usaha untuk bisa berlaga di Las Vegas. Ia berharap lewat Geisler, ada prestasi yang lebih membanggakan dari anak Papua lewat pertarungan ini,” ungkap Asisten Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga pada Deputi IV Kemenpora, Sandi Suwardi Hasan, kepada awak pers, seusai pertemuan.

Sandi menambahkan Menpora juga berharap Geisler terus berlatih sehingga nantinya bisa lahir para petinju profesional dari Timur Indonesia, khususnya Papua.

Sementara itu Geisler menyatakan kesiapannya tampil di ajang tinju profesional internasional untuk membawa harum nama Indonesia. Dia juga optimis dirinya mampu mempersembahkan gelar juara dunia dalam dua tahun terakhir (2021).

Geisler mengaku dirinya terus menjalani berbagai program latihan untuk persiapan diri tampil diarena tinju internasional, termasuk untuk menghadapi Thoedsak Sinam dalam waktu dekat ini.

“Saya optimis dalam menjalani latihan, karena saya yakin bisa mengalahkan dia,” tandas Geisler yang siap mengalahkan petinju asal Thailand tersebut.

Meski belum mengetahui kekuatan calon lawan yang akan ia hadapi, Geisler bahkan yakin bisa menang KO dalam waktu tiga ronde. “Dengan pengalaman yang saya miliki di berbagai pertarungan baik nasional dan Internsional, saya bisa menjatuhkan dia dalam tiga dari 12 ronde pada pertandingan nanti. Karena itu saya minta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia lewat Kemenpora,” tandasnya.

Jika bisa mengalahkan Thoedsak Sinam dan meraih gelar, Geisler masih harus melakoni beberapa partai ke depan untuk pertahankan gelar. Bila Geisler mampu melewati tahapan tersebut, maka langkahnya untuk berlaga di Las Vegas bisa terwujud.

“Untuk itu kami datang ke Kemenpora. Selain meminta dukungan, kami juga berharap bisa mewujudkan langkah Geisler bisa berlaga di arena tinju kelas dunia di Las Vegas, AS” pungkas Manager Geisler Ap, Yamander Yensenem.