JAKARTA, Indotimes.co.id – Dua punggawa Timnas Indonesia U-23 yang berkiparah di luar negeri, yakni Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian jalani latihan perdana bersama para pemain lainnya di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (14/3). Keduanya berjanji bakal memberikan yang terbaik bagi Merah-Putih jika dibutuhkan pelatih Indra Sjafri.

Kehadiran Ezra Walian jelas memperketat persaingan untuk posisi lini depan yang selama ini diisi Dimas Drajat dan Marinus Wanewar. Ezra yang baru bergabung, karena lambat mendapat ‘lampu hijau’ dari klubnya RKC Waalwijk untuk berlaga di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 di Vietnam.

Meskipun hadir belakangan dalam TC di Jakarta, namun Ezra mengaku siap bersaing masuk squad inti pasukan Indra Sjafri. “Saya kira kami semua punya kemampuan sama. Itu sangat penting dan saya bisa lihat di latihan semua pemain berada dalam kondisi fit,” kata Ezra, usai menjalani latihan perdananya setelah tiba ke Tanah Air pada Rabu (13/3).

Meski demikian, pemain berusia 21 yang merumput di klub Liga Belanda, RKC Waalwijk itu akan selalu memberikan yang terbaik sesuai yang dibutuhkan sang pelatih.

Hal serupa juga diutarakan Egy. Pemain klub Liga Polandia, Lechia Gdansk itu bahkan tidak memiliki masalah untuk bisa langsung beradaptasi dengan pola latihan yang diterapkan Indra. Maklum, sebelumnya Egy sempat bermain di bawah arahan Indra saat membela Timnas U-19 Indonesia.

Selain itu, tim kepelatihan Lechia Gdansk jauh-jauh hari memang telah menyiapkan dirinya untuk tampil di Timnas Indonesia U-23. “Yang pasti merasa lebih nyaman, lebih segar, dan di sana juga sudah disiapkan buat di timnas.

Programnya sudah disiapkan juga, jadi latihan saat ini seperti sebuah tambahan saja. Sama sedikit adaptasi karena iklim di sana (Polandia) berbeda,” ungkap Egy yang tiba ke Tanah Air pada Rabu (13/3) malam WIB.

Setelah melihat latihan perdana keduanya, Indra sendiri belum bisa memberikan penilaian terutama untuk Ezra. Indra masih akan memaksimalkan latihan sampai tiga hari ke depan atau hingga Senin (18/3) mendatang.

Apalagi tim besutan Indra itu masih akan melakoni laga ujicoba kedua setelah skuadnya lengkap, menyusul kedatangan keduanya. Berdasarkan rencana, Indra bakal membawa anak-anak asuhnya untuk menghadapi Bali United, akhir pekan ini.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-23 bakal terbang ke Vietnam untuk melakoni Kualifikasi Piala Asia U-23 pada Selasa (19/3) mendatang. “Jadi nanti baru tanggal 18, ditentukan 23 dari 30 pemain ini untuk dibawa ke sana (Vietnam red). Untuk Ezra nanti baru saya jawab. Saya belum bisa menilai karena saya butuh waktu untuk melihat dia lebih banyak,” tutup Indra, usai memimpin latihan.

Timnas U-23 menjalani TC di Jakarta sejak 4 Maret lalu, dan akan berakhir pada 18 Maret mendatang. TC digelar guna menghadapi pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 Grup K yang akan berlangsung di Hanoi, Vietnam pada 22-26 Maret 2019 mendatang.