JAKARTA, Indotimes.co.id – Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah kejuaraan sofbol putri Asia yang bertajuk Asia Women Championship 2019 di Jakarta, 30 April-7 Mei mendatang.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Sofbol dan Bisbol Seluruh Indonesia (PB Perbasasi), Andhika Monoarfa di Jakarta, Jumat (15/3).

Menurut Andhika turnamen ini sekaligus menjadi ajang pra-kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, yang akan diikuti 12 negara kuat di Asia.

“Jumlah pesertanya 12 negara, lebih banyak dari Asian Games 2018 lalu,” kata Andhika pada konferensi pers di Lapangan Sofbol Gelora Bung Karno, Jakarta.

Adapun negara-negara yang akan tampil pada Asia Women Championship 2019 di Jakarta, adalah Indonesia, Korea Selatan, Taiwan, China, Filipina, Hong Kong, Singapura, Thailand, India, Pakistan, Iran dan juara dunia Jepang.
“Ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bergengsi ini. Hal ini tak lepas dari suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu,” ujar Andhika.

Andhika menambahkan pada kejuaraan sofbol putri Asia kali ini, ada beberapa perubahan standar yang terjadi setelah pelaksanaan Asian Games 2018 lalu, salah satunya adalah aturan entry by name. Untuk sofbol, dari yang semula hanya 15 pemain untuk satu timnya, kini menjadi 17 pemain dalam satu tim yang diajukan negara peserta.

“Sebelum Asian Games 2018, entry by name yang diizinkan adalah 20 pemain untuk bisbol putra dan 15 pemain untuk sofbol putri. Jelang Asian Games 2018, ada perubahan yaitu 24 pemain untuk bisbol putra dan 17 untuk sofbol putri,” ungkap Andhika.

Lebih lanjut menurut Andhika, kejuaran sofbol putri Asia ini sekaligus menjadi ajang persiapan untuk SEA Games Filipina 2019, pada November mendatang. Pelatnas sofbol putri sudah berlangsung, saat sedang diliburkan, mulai Senin (18/3) mereka kembali menjalani Pelatnas di Jakarta.

Pada SEA Games Filipina 2019 mendatang Indonesia mengirimkan tim bisbol putra dan sofbol putri. PB Perbasasi telah menggelar Pelatnas bisbol putra di Kendari Sulawesi Tenggara dan Pelatnas sofbol putri di Jakarta.