JAKARTA, Indotimes.co.id – Sebanyak 286 atlet berprestasi resmi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Para atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa pada ajang SEA Games dan ASEAN Para Games 2017, Asian Games dan Asian Para Games 2018, Selasa (2/4) menerima SK (Surat Keputusan) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Penyerahan SK CPNS disampaikan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang disaksikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibinasa di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Selamat datang di rumah yang akan kalian huni. Tempat dan kantor yang saatnya menjadi pemeran utama termasuk para senior untuk memastikan cita-cita bangsa kita kelola. Selamat datang di Gerbang Pemuda 3 Senayan, tempat di mana pernah memberikan kabar bahagia buat Indonesia,” kata Imam sambutanya dihadapan para CPNS formasi khusus olahragawan tersebut.

Menurut Imam, sebagai CPNS ini menjadi pengabdian baru, mungkin berbeda dari pelatnas, tapi dari kecepatan, ketepatan, kedisiplinan, itu sama. Karenanya, saya tak ragu ketika Bapak Presiden memberikan apresiasi seperti ini.

Imam juga berterima kasih atas dukungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta pihak terkait lainnya yang turut membantu apresiari para atlet berprestasi ini untuk menjadi ASN.

“Mulai saat ini, saudaraku sedikit berbeda. Kalau kemarin bebas melakukan apa saja maka sekarang ada prinsip yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang kalian sudah jadi CPNS makanya prasyarat itu harus dipenuhi, harus netral, dan tidak berpihak, tapi berpihak pada keadilan. Menjadi PNS harus bisa mengayomi segenap seluruh bangsa,” jelas Imam.

Menteri asal Bangkalan Madura, Jawa Timur ini berharap pada CPNS baru di Kemenpora ini mampu membuktikan prestasi yang pernah mereka raih, mampu mereka wujudkan kembali sebagai ANS di kementerian ini mapun terhadap Bangsa dan Negara.

“Pengalaman yang sudah kalian buktikan nanti sama-sama hadirkan di kementerian ini. Ide besar dan cita-cita besar kepada atlet yang belum terwujud jadikan dalam bentuk kebijakan. Makanya ketika saudara semua bertugas di masing-masing deputi lakukan dengan baik. Untuk deputi jadikan partner dan jangan membeda-bedakan. Karena mereka sudah membuktikan bisa sama,” tambah Imam.

Sebagaimana diberitakan, sejak tahun lalu, Kemenpora telah menyelenggarakan tes CPNS bagi ratusan atlet berprestasi, baik ujian Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) hingga wawancara. Kali ini semua proses itu telah selesai, para atlet berprestasi kini telah resmi menjadi CPNS, setelah menerima SK CPNS.

SK CPNS ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 30 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenpora.

Diantara para CPNS tersebut adalah peraih medali emas Olimpiade 2016 Liliyana Natsir, Liliyana Natsir dan peraih emas Asian Games 2018, emask kejuraan dunia 2018, dan perak Olimpiade 2016 Eko Yuli Irawan.

Baik Liliyana maupun Eko keduanya mengaku bersyukur kini telah menjadi CPNS di lingkungan Kemenpora. Liliyana bersyukur tahun ini mendaftrakan diri menjadi CPNS langsung diterima, sementara Eko yang sudah berjuang menjafi CPNS sejak 2008, akhirnya tahun ini baru terpenuhi.