JAKARTA, Indotimes.co.id – Babak delapan besar Piala Indonesia akan berlangsung pada 23 Apriil hingga 3 Mei 2019 mendatang. PSSI hanya memastikan leg pertama dimulai pada tanggal 23 April, namun belum bisa memastikan tim mana yang tampil pada tanggal tersebut, karen masih melihat jadwal dua tim Persija Jakarta dan PSM Makassar yang masih tampil pada ajang babak kualifikasi Piala AFC.

Dari hasil Undian yang dilakukan PSSI yang berlangsung di Hotel Century, Jakarta, Senin (15/4), hanya menentukan delpan tim yang bertanding yaitu Bhayangkara FC Vs PSM Makassar, Persebaya Vs Madura United, Bali United Vs Persija Jakarta dan Borneo FC Vs Persib Bandung.

Pelaksanaan Piala Indonesia, sempat tertunda karena PSSI merampung terlebih dahulu Piala Presiden 2019, yang barua saja berahir pada 12 April 2019 kemarin.

Sebelumnya delapan tim sudah memastikan lolos ke babak delapan besar, yakni Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Madura United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Bali United.

Bhayangkara FC lolos ke delapan besar setalah menundukkan PSIS Semarang dengan agregat 5-2. Sedang PSM Makassar lolos setelah menyingkirkan Perseru Serui dengan agregat 12-0.

Sementara Persebaya melaju ke delapan besar dengan menggilas Persidago dengan agregat 11-1. Begitu juga Madura United ke delapan besar dengan kemenangan atas Sriwijaya FC dengan agregat 7-1.

Sementara Persija lolos setelah menyingkirkan TIRA-Persikabo dengan agregat 4-2. Sedangkan Bali United unggul atas Persela Lamongan dengan agregat 3-0.

Borneo FC tampil di delapan besar setelah sukses mengatasi perlawanan PSS Sleman dengan agregat 1-0. Terakhir Persib Bandung maju ke delapan besar setelah mengalahkan Arema FC dengan agregat gol tandang 3-3.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha yang hadir dalam undian babak delapan besar Piala Indonesia, mengatakan undian babak delapan besar dilakukan tak berdasarkan zona lagi. Berbeda dari sebelumnya, di mana tim zona barat dipertemukan klub dari zona timur.

“Ini merupakan drawing terakhir yang dilakukan. Mengingat PSSI langsung membuat bagan pertemuan hingga final, “ ujar Ratu Tisha. Ditambahkannya format kandang dan tandang (Home and Away) juga akan beralaku pada babak semifinal dan final.

Babak semifinal leg pertama Piala Indonesia akan diselenggarakan 17 Juni dan leg kedua pada 24 Juni. Sementara laga final dijadwalkan 30 Juni dan 7 Juli 2019 mendatang.