Menpora Harapkan Piala Sudirman Kembali ke Indonesia

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraha (Menpora) Imam Nahrawi mengharapkan Tim Indonesia mampu mengembalikan supremasi beregu campuran Piala Sudirman ke Tanah Air. Sudah 20 tahun, kejuaraan yang mengabadikan nama tokoh bukutangkis Indonesia itu, dikuasai negara lain, Indonesia hanya sekali meraih gelar juara pada tahun 1989, yaitu saat pertama kalinya ajang ini digelar di Jakarta.

Penegasan Imam disampaikan, menanggapi mulai menurunnya prestasi nomor ganda Indonesia saat ini, belum lagi nomor tungal yang kini masih belum maksimal, baik putra maupun putri.
Namun demikian, Imam yakin Pengurus Besar Persatuan Bukutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) telah menyiapkan tim terbaik untuk Piala Sudirman tahun ini.

“Saya percaya PB PBSI telah menyiapkan yang terbaik untuk Piala Sudirman kali. Kita percayakan hal itu kepada mereka, dan Indonesia mampu meraih prestasi yang terbaik kali ini,” ujar Imam, seusai acara buka puasa bersama dengan para pegawai di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olaharaga (Kemenpora), Selasa (7/5) malam.

Menurut Imam, memang sudah lama sekali Indonesia sudah tidak pernah menuarai Piala Sudirman, setelah tahun 1989 silam. Pihaknya berharap tahun ini Indonesia mampu mengembalikan supremasi bukutangkis beregu campuran tersebut.
Menyinggung mulai menurunnya prestasi ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Kevin/Marcus), Imam percaya, keduanya mampu banghkit kembali.

“Tentunya , PB PBSI telah memikirkan hal itu, karena selain Piala Sudirman, mereka juga diandalkan untuk Olilpinade Tokyo 2020 dan Asian Games Hainan 2022 mendatang,” tandas Imam.

Sebagaimana diketahui pada ajang Piala Sudirman 2019, di Nanning, Cina, 19-26 Mei mendatang, Indonesia akan berada di Grup B bersama Denmark dan Inggris. Sementara juara bertahan Korea Selatan berada di Grup C bersama Taiwan dan Hongkong. Sedang Tuan rumah China, berada di Grup D, bersama India dan Malaysia. Sedang favorit juara Jepang, berada di Grup A bersama Thailand dan Rusia.

Melihat hasil undian tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) PB PBSI, Susy Susanti beberapa waktu lalau mengatakan pihaknya tetap optimis Indonesia dapat lolos dari fase grup yang akan memperebutkan dua tiket.
Pihaknya telah menyaipkan strategi sebaik-baiknya agar memperbaiki hasil Piala Sudirman dua tahun lalu (Piala Sudirman 2017) yang gagal lolos dari babak grup.

PB PBSI sendiri telah mempersiapkan para pebulutangkis yang masuk skuad Tim Piala Sudirman 2019, yang berkekuatan 12 putra dan 8 putri. Dengan 8 pelatih yang akan menopang tim ini.

Berikut ini daftar lengkap tim Indonesia pada Piala Sudirman 2019:
Putra : 1. Jonatan Christie, 2. Anthony Sinisuka Ginting, 3. Shesar Hiren Rhustavito, 4. Kevin Sanjaya Sukamuljo, 5. Marcus Fernaldi Gideon, 6. Hendra Setiawan, 7. Mohammad Ahsan, 8. Fajar Alfian, 9. Muhammad Rian Ardianto, 10. Tontowi Ahmad, 11. Praveen Jordan, 12. Hafiz Faizal.
Putri: 1. Gregoria Mariska Tunjung, 2. Fitriani, 3. Greysia Polii, 4. Apriyani Rahayu, 5. Ni Ketut Mahadewi Istarani, 6. Gloria Emanuelle Widjaja, 7. Melati Daeva Oktavianti, 8. Winny Oktavina Kandow.
Pelatih: 1. Hendry Saputra Ho (tunggal putra), 2. Rionny Frederik Mainaky (tunggal putri), 3. Minarti Timur (tunggal putri), 4. Herry Iman Pierngadi (ganda putra), 5. Eng Hian (ganda putri), 6. Richard Leonard Mainaky (ganda campuran), 7. Ary Subarkah (pelatih fisik), 8. Ricky Susiono (pelatih fisik).

Loading...