JAKARTA, Indotimes.co.id – Kejuaraan Nasional Balap Motor bertajuk ‘Oneprix-Indonesia Motorprix Championship’ dipastikan lebih berbeda dari ajang balapan motor lainnya di Indonesia. Karena selain fokus dalam proses pembinaan para pembalap, ajang ini juga mengedepankan sisi sportaiment yang semakin menyemarakan ajang ini.

Hal tersebut ditegaskan CEO Oneprix Motorsport Management (OMM) Imam Sulisto saat puncuran ‘Oneprix-Indonesia Motorprix Championship’ di Hotel Century, Jakarta, Rabu (8/5) malam.

“Kalau pada ajang balapan motor sebelumnya, hanya fokus pada balapannya saja. Tapi ‘Oneprix-Indonesia Motorprix Championship’ lebih berbeda dari ajang balapan motor lainnya. Karena kita juga mengedepankan sisi sportaimentnya untuk membuat ajang ini lebih semarak,” ujar Imam.

Menurut Imam seri Indonesia Motorpix Championship akan berlangsung , 7 Juli hingga 10 November mendatang digelar dalam lima seri, meski untuk tahap awal sepanjang tahun 2019 ini hanya digelar di dua sirkuit saja, yaitu Sirkuit Bukit Peusar di Tasikmalaya Jawa Barat dan Sirkuit Bung Tomo di Surabaya, Jawa Timur. Dimana seri pembuka akan berlangsung di Sirkuit Bukit Peusar di Tasikmalaya pada 7 Juli 2019 mendatang.

Sementara itu Ketua IMI Pusat, Sadikin Aksa, mengatakana ‘Oneprix-Indonesia Motorprix Championship’, merupakan Kejuaraan Nasional yang akan diikuti oleh para pebalap yang memiliki peringkat terbaik dari Kejuaraan Regional tahun ini dan tahun sebelumnya.

“Oneprix-Indonesia Motorprix Championship ini merupakan langkah awal dari salah satu program kerja IMI untuk meningkatkan citra positif dan mendorong peningkatan kualitas serta kuantitas olahraga otomotif di Indonesia.,” ujar Sadikin Aksa.

Menurut nya event ini merupakan jenjang dari kejuaraan regional sebelum para pembalap menuju tingkat balapan sport serta Asia dan internasional pada masa mendatang, dan diharapkan menjadi pembalap yang nantinya dapat meraih hasil terbaik di tingkat dunia.

Sadikin menambahkan untuk tahap awal Oneprix-Indonesia Motorprix Championship hanya mempertandingkan kelas bebek saja. Kedepanya tentu akan lebih ditingkatkan lagi.

Hal senada dikatakan Direktur Program & Sport TVOne, Reva Deddy Utama yang mengatakan untuk mendukung perhelatan Oneprix-Indonesia Motorprix Championship pihaknya melalui TV One akan meyiarakan secara langsung ajang ini.
Menurut Reva Deddy untuk mendukung siarang langsung perhelatan Oneprix-Indonesia Motorprix Championship lebih menarik, pihaknya akan mengeragkan 100 orang kru dengan menggunkana peralatna dan perlengaktan broadcast terbaik agar program ini menjadi tontonan olahraga otomotif yang digemari pemirsa.

“Salah satunya pada Sirkuit di Bukit Peusar di Tasikmalaya yang memiliki sebanyak 13 sampai tikungan, kami menggunakan 15 kamera terbaru. “Ini salah satu sisi Sportaiment yang dipastikan akan lebih menarik pada ajang balapan kali ini. Sehingga kita menyiapkan sebanyak 15 kamera dengan 100 crew di setiap sudut balapan kali ini, dengan bentangan kabel mencapai 1,7 km ” ungkap Reva Deddy.

Berikut jadwal ajang Oneprix Indonesia Motorprix Championship seri 2019:
Putaran 1 : 07 Juli 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 2 : 04 Agustus 2019, Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.
Putaran 3 : 01 September 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 4 : 13 Oktober 2019, Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Putaran 5 : 10 November 2019, Sirkuit Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.