JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, mengaku siapa menghadapi babak kualifikasi Piala Asia U-16 2020 Grup G yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, 14-24 September 2019 mendatang.

Menurut Bima, meski Indonesia menjadi tuan rumah babak kualifikasi Grup G, dimana Timnas U-16 berada satu grup bersama Cina, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara, bukan berarti mudah untuk lolos ke babak berikutnya.

“Melihat hasil pengundian ini, saya rasa cukup kompetitif, semua lawan harus diwaspadai. “Kami tidak akan meremehkan satu negarapun dalam grup ini. Mereka semua punya kekuatan masing-masing,” ujar Bima, di Jakarta, Kamis (9/5).

Bima menegaskan dirinya saat ini ingin fokus membangun tim yang terbaik. Karena pihaknya ingin pasukannya bisa bersaing, dan bisa meraih hasil diharapkan.

Terkait pembentukan Timnas U-16, Bima Sakti telah memanggil 45 pemain guna menjalani seleksi tahap awal di National Youth Training Center (NYTC), Sawangan, Depok, Jawa Barat ,mulai 13 Mei mendatang.

Selain menghadapi babak kualifiasi Piala Asia U-16, seleksi yang akan dilakukan ini juga untuk mempersiapkan Timnas U-16 untuk menghadapi ajang Piala AFF U-16 2019 yang berlangsung pada 27 Juli 2019 mendatang di Thailand.

Sebagaimana diberitakan dari hasil undian kualia U-16 2020 yang dilakukan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) di Kuala Lumpur Malaysia ,
Indonesia berada di Grup G bersama Cina, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara. Grup G Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam undian tersebut Grup A terdiri dari Tajikistan, Jordania, Nepal, Srilangka,dan Kuawait dimana bertindak sebagai tuan rumah Jordania. Untuk Grup B diikuti India,Uzbekistan, Bahrain, dan Turkmenistan dimana tuan rumahnya Uzbekistan.

Sedang untuk Grup C terdiri dari Iran, Afghanistan, Palestina, Maladewa dengan tuan rumah Iran. Untuk Grup D, diikuti Oman, Saudi Arabia,Syria, dan Pakistan dengan tuan rumah Saudi Arabia.

Sementara di Grup E diisi oleh Yaman, Bangladesh, Qatar, dan Bhutan dengan tuan rumah Qatar. Begitu juga dengan Grup F terdiri dari Irak, Kyrgistan, Lebanon, dan UEA dengan tuan ruman Kyrgistan.

Pada Grup H diikuti Australia, Vietnam, Timor Leste, Mongolia dan Macau, bertindak sebagai tuan ruma Vietnam. Grup I diisi Korea Utara, Hongkong, Singapura, dan Guam dengan tuan rumah Sinagpura. Begitu juga Grup J dihuni Jepang, Malaysia, Kamboja, dan Laos dengan tuan rumah Laos. Serta Grup K meliputi Korea Selatan, Thailand, Myanmar, dan China Taipeh dengan tuan rumah Myanmar.

Babak kualifikasi Piala Asia U-16 2020 rencananya diselenggarakan pada secara serempak pada 14-22 September 2019. Putaran final Piala Asia U-16 2020 hingga saat ini masih belum ditetapkan oleh AFC.