JAKARTA, Indotimes.co.id – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya mengeluarkan surat rekomendasi bergulirnya Kompetisi Liga 1 tahun 2019.
Rekomendasi dikeluarkan sehubungan telah selesainya verifikasi yang dilakukan BOPI yang diajukan PT Liga Indonesia baru (LIB) sebagai operator kompetisi pada bulan April yang lalu.

Pemberian rekomendasi BOPI kepada PT LIB dilakukan dalam acara resmi yang berlangsung di Media Center Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senayan, Jakarta, Jum’at (10/5) sore, oleh Ketua Umum BOPI Richard Sam Berra kepada Direktur Interim PT LIB Dirk Soplanit,
disaksikan Plt Asdep Industri dan Promosi Olahraga Sandi Suwardi Hasan Kemenpora.

“BOPI telah melakukan verifikasi semua klub yang akan berlaga di Liga 1 sesuai kewenangan yang kami miliki, dan hasilnya rekomendasi dapat dikeluarkan. Saya menyampaikan harapan kepada semua yang terlibat, mari kita sukseskan Liga 1 tahun 2019 ini dan semoga menjadi liga tersukses sepanjang sejarah,” kata Richard Sam Berra, dalam sambutanya sebelum memberian surat rekomendasi kepada PT LIB..

Pada kesempatan itu Richard menyampaikan beberapa harapan terhadap semua yang terlibat dalam liga sepakbola kasta tertinggi Indonesia ini (Liga 1), BOPI berharap PT LIB selaku operator kompetisi dapat bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab agar tidak ada kekacauan disekitar pertandingan sehingga setiap pertandingan berjalan dengan aman dan nyaman untuk seluruh keluarga Indonesia.

BOPI juga meminta kepada PSSI sebagai lembaga atau federasi yang menaungi persepakbolaan Indonesia harus tegas dan mampu memberikan pengadil (wasit) yang berintegritas. Kepada klub-klub peserta kompetisi juga bertindak dengan professional, sehingga tidak ada lagi kejadian penunggakan gaji pemain.

Sedang kepada para pemain, BOPI meminta untuk terus menjaga sportifitas dan memberikan contoh kepada masyarakat dan suporter untuk saling menghormati. Begitu juga kepada para supporter, diminta jangan anarkis, rasis, dan tawuran-tawuran, semua hendaknya duduk damai menikmati dengan aman dan nyaman.

Sementara itu, Direktur Interim PT LIB Dirk Soplanit menegaskan bahwa seiring keluarnya rekomendasi maka Liga 1 dapat dipastikan segera bergulir. Kick off akan dilakukan pada tanggal 15 Mei yang akan mempertandingkan antara PS Sleman vs Arema FC.

“Kenapa Sleman vs Arema, alasannya karena Juara Liga 1 tahun 2018 Persija ada agenda AFC sementara durasi jadwal tahun ini sangat mepet yaitu berakhir 22 Desember, maka kick off tanggal 15 Mei mempertandingkan Juara Liga 2 dengan Juara Piala Presiden,” ujarp Dirk.

Acara penyerahan surat rekomendasi juga dibarengi penyerahan pakta integritas dari PT LIB dan perwakilan klub dan suporter kepada BOPI. Hadir, hadir juga perwakilan APPI, Ponaryo Astaman, Firman Utina dkk perwakilan PSSI, klub dan suporter.