JAKARTA, Indotimes.co.id – Lagi-lagi, kualitas pemain sepak bola muda Indonesia diakui oleh beberapa klub di daratan Eropa. Setelah beberapa pemain merumput di sana, seperti Egy Maulana Fikri dan Firza Andika, kini giliran M Hambali Tolib yang sedang dilirik oleh salah satu klub dari negara benua Biru tersebut.

Hambali yang terakhir berstatus sebagai pemain Persela Lamongan ini, juga memperkuat Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 di ajang Merlion Cup 2019, beberapa waktu lalu itu bakal menjalani trial di salah satu klub dari negara di benua Eropa.

Kendati belum bersedia menyebutkan nama klub di Eropa, namun sudah santer kalau pemain jebolan SKO Ragunan ini akan terbang ke Kroasia ke Klub NK Lokomotiva Zagreb asal Kroasia.

Sebelum, mengadu nasib di negara Eropa tersebut, Hambali meminta restu kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Hambali yang ditemani keluarganya diterima Imam Nahrawi di ruang kerjanya di lantai 10 Gedung Kemenpora, Jakarta.

“Kita kesini (ke Kemenpora) minta doa restu dan dukungan dari Pak Menteri karena Insya Allah, besok (Kamis, 13/6) saya sudah berangkat. Dan Alhamdulillah didukung penuh sama beliau (Menpora, red). Beliau hanya berpesan agar menjaga nama baik keluarga, jaga nama baik Indonesia dan terus bekerja keras,” ungkap Hambali , di Kantor Kemenpora, Selasa (12/6).

Pemuda berusia 18 tahun ini, mengakui dirinya sudah dikontak pihak klub tersebut sejak enam bulan silam, namun karena berbagai kendala hal itu belum bisa terwujud. Namun dirinya kembali diminta dating guna menjlani trial pada bulan Juni ini kesana. “Undangan untuk melakukan trial itu sudah sejak bulan Desember 2018, lalu. Menurut Hambali, dirinya akan menjalani trial tersebut selama 1 bulan.

“Mereka sudah berkirim surat sudah sejak bulan Desember 2018, usai kompetisi musim lalu, setelah saya dari Sriwijaya FC mereka langsung email ke saya. Saya diundang ke sana untuk menjalani trial,” tutur Hambali.

Hambali menjelaskan kemungkinan besar trialnya sekitar satu bulan. Namun, jika performa saya bagus dan pelatih menyukai gaya permainan saya, kemungkinan dirinya bisa langsung menikut TC (Training Camp) di Belanda sama tim Kroasia tersebut, jadi di total bisa sekitar tiga bulan saya di sana.

Hambali juga mengaku dirinya sangat siap untuk mengikuti trial dengan klub Kroasia tersebut. Bahkan dirinya telah meminta masukan dari rekannya sesama di SKO Ragunan, Egy Maulana Fikri yang kini telah bermain dengan klub Lechia Gdansk di Liga Polandia.

“Tentunya bangga bisa menjalani trial di Eropa. Ini trial pertama saya di Eropa, tentunya bukan mimpi saya, tapi ini lebih seperti kesempatan yang tidak datang dua kali dan saya akan coba untuk ambil,” pungkasnya.