JAKARTA , Indotimes.co.id – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memanggil 15 pemain putra untuk mengikutl Pelatnas Timnas basket 3×3 SEA Games Manila, Filipina 2019.

Manajer Timnas basket 3X3 putra, Rama Datau di Jakarta, Selasa (20/8) mengatakan, pihaknya telah memanggil 15 pemain, 14 diantaranya telah yang hadir, satu pemain masih cedera.

Menurut Rama Pelatnas Timnas basket 3X3 akan ditangani pelatih Ali Budimansyah dan asisten pelatih Tri Hartanto. Duet pelatih Ali Budim dan Tri Hartanto merupakan pilihan yang paling tepat, mereka sangat berpengalaman. Ali Budimansyah merupakan lagenda Timnas Basket Indonesia, yang diharapkan mampu menularkan pengalamannya kepada para pemain. Sementara Tri Hartanto memiliki track record yang baik, membawa timnas 3X3 putri junior Indonesia tembus delapan besar dunia pada Piala Dunia 3X3 U-18 di di Ulanbaatar, Mongolia awal Juni 2019 lalu

Dari nama-nama pemain yang dipanggil menjalani Pelatnas putra basket 3X3 SEA Games 2019, beberapa diantaranya memiliki pengalaman internasional, seperti Rizky Effendl pemah menjadl juara pada seri dunia di Tokyo. Kemudian Kevin Moses yg juga sudah sering mengikut ajang 3×3 tlngkat Asia mewakili Indonesia.

Selain itu juga ada Danny Ray dan Kevin Yonas Argadiba Sitorus yang bermain sangat baik pada Asia Cup 3X3 baru baru ini dl Changsa., China pada Mei 2019 lalu. Pemilihan pemain juga berdasarkan penampilan para pemain dalam ajang IBL 3X3 beberapa waktu lalu.

Rama menjelaskan bahwa ke-15 pemain yang dipanggil menjalani Pelatnas ini, akan menjalani seleksi untuk menentukan delapan pemain terbaik. Dari delapan pemain yang terpilih tersebut, empat pemain pertama akan dikirim mengikuti turnamen basket 3X3 di Maladewa. Sementara empat pemain lainnya akan mengikuti turnamen lainnya, yang saat ini masih menunggu koordinasi dengan pihak FIBA.

“Saat ini, PP PERBASI masih terus berusaha melobi FIBA untuk mendapat slot sebanyak ‘mungkin untuk bertanding dan berkompetisi bagi Timnas 3X3 pada ajang 3X3 level dunia,” ungkap Rama

Rama menambahkan sesuai mengikuti turnamen internasional kedelapan pemain tersebut akan menjalani seleksi tahap kedua , untuk menentukan enam pemain yang akan menjalani Training Center (TC) di Serbia selama satu minggu. Sekembalinya ke tanah air, para pemian ini akan kembali di seleksi guna menentukan t empat pemain sebagai squad inti Timnas Basket 3X3 pada bulan November, jelang pelaksanaan SEA Games 2019.

Berikut daftar 15 pemain yang dipanggil mengikuti Pelatnas Timnas basket 3×3 Indonesia untuk SEA Games 2019:
1. Oki Wira Sanjaya (Stapac Jakarta)
2. Avan Seputra (Satria Muda Pertamina Jakarta)
3. M. Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina Jakarta)
4. Reggie William (Pelita Jaya Basketball)
5. Kevin Yonas Argadiba Sitorus (Satria Muda Pertamina Jakarta)
6. Danny Ray (Prawira Bandung)
7. Surliyadin (Prawira Bandung)
8. Rizky Effendi (Stapac Jakarta)
9. Kevin Moses Eliyazer Poetiray (-)
10. Katon Adjie Baskoro (Pelita Jaya Basketball)
11. Henry Cornelis Lakay (Satya Wacana Salatiga)
12. Respati Ragil Pamungkas (Pelita Jaya Basketball)
13. Moh. Saroni (CLS Knights Indonesia)
14. Moh Alan As’adi (Bima Perkasa Jogja)
15. Stefan Carsera (West Bandit).

Loading...