PSSI Ingin Bangun Kantor Baru

JAKARTA, Indotimes.co.id – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, mengharapkan dukungan pemerintah, untuk membantu organisasi olahraga sepak bola di tanah air tersebut memiliki kantor sendiri.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu seusai bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kementerian Pemuda dan Olaharaga (Kemenpora) Jakarta, Senin (4/11). Iwan Bule bertemu Menpora, guna melaporkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada Sabtu (2/11), yang memilih dirinya sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Menurut Iwan, PSSI telah meminta bantuan kepada Menpora Zainudin Amali untuk menyampaikan janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal pembangunan Kantor PSSI.

Sebagai informasi, sejak 2016 lalu, PSSI sudah tidak lagi memiliki kantor tetap setelah terakhir berada di sekitaran komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Federasi sepak bola Indonesia itu harus berpindah-pindah kantor mulai di kawasan Kuningan, Kemang, Permata Hijau, hingga saat ini di fX Sudirman. Karenanya Iwan Bule menginginkan PSSI bisa memiliki kantor tetap seperti federasi sepak bola di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Terlebih pada 2017, Joko Widodo sudah memerintahkan kementerian terkait untuk menyiapkan lokasi pembangunan kantor PSSI. “PSSI harus bekerja sama dengan pemerintah. Sampai sekarang belum ada gedung. Di sekitaran SUGBK mungkin ada lahan 2000 meter,” imbuh Iwan Bule.

Iwan menambahkan, PSSI memang tertinggal dari federasi sepakbola di negara-negara Asia Tenggara lainnya, yang telah memiliki kantoratau gedung sendiri. “Kami ingin punya gedung. Vietnam saja sudah punya, Thailand punya, Filipina sudah, dan Malaysia juga,” ucap mantan Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Metro Jaya itu.

Iwan Bule berharap di Kantor PSSI itu juga tersedia beberapa fasilitas untuk menunjang kebutuhan pembinaan sepak bola. Fasilitas itu seperti wisma atlet dan lapangan untuk latihan.

Keinginan Iwan Bule untuk PSSI memiliki kantor kemungkinan besar akan tersedia. Sebab, Joko Widodo sudah mengeluarkan inpres pembangunan sepak bola Indonesia. Tidak hanya itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

“Tidak mudah memang untuk mencari lahan. Semoga Pak Menpora bisa menyampaikan harapan ini ke Pak Presiden dan beberapa menteri terkait,” pungkas Iwan Bule.

Loading...