JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan Kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games Filipina 2019 akan berjuang memperbaiki peringkat lebih baik dari hasil di SEA Games Malaysia 2017 lalu. Untuk itu pemerintah akan menyiapkan bonus dengan total sebesar Rp 8 miliar bagi para atlet yang berprestasi pada pesta akbar olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

“Target kita memperbaiki peringkat yakni lebih baik dari hasil SEA Games 2017 Malaysia yang di peringkat lima dengan perolehan 38 emas, target emas kita awalnya diatas 50 tapi karena pada perkembangannya pasti ada margin eror di lapangan jadi kita turunkan target perolehan emas menjadi 45-an,” ujar Zainudin kepada awak media di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (14/11).

Menurut Zainudin, Kontingen Indonesia ke SEA Games Filipina berkekuatan 1.297 orang, 837 orang di antaranya adalah atlet dengan komposisi 60 persen atlet junior dan 40 persen atlet senior. Para atlet tersebut akan mengikuti 51 cabang olahraga dari 56 cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Saya tidak berani menjanjikan juara umum, tetapi atlet sudah disiapkan dengan baik, semoga ada harapan dengan banyak menerjunkan atlet muda di mana ke depannya kita persiapkan untuk ke olimpiade,” jelas Zainudin yang didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta dan CdM Indonesia Harry Warganegara.

Terkait bonus, politikus Partai Golkar ini memastikan akan ada bonus yang diberikan kepada atlet peraih medali, namun dia tidak merinci secara detail besaran bonus tersebut. “Total bonus yang kami siapkan Rp 8 miliar totalnya, semua sudah ada standarnya, buat atlet yang meraih medali emas, perak dan perunggu pasti dapat bonus itu,” pungkasnya.

Loading...