JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap Pekan Olahraga Palajar Nasional (Popnas) XV/2019 bisa menghasilkan atlet berprestasi bagi Indonesia dimasa mendatang. Kegiatan ini sangat tepat bagi para atlet pelajar di tanah air untuk  menunjukkan kemanpuan terbaik mereka.

Hal tersebut dikatakan  Zainudin saat membuka Popnas XV di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam. 

Menurut Menpora Popnas merupakan ajang atlet muda untuk berbakat, yang menhasilkan  atlet berprestasi ditingkat regional, nasional maupun  tingkatan yang lebih tinggi lagi.

“Saya harap pelaksanaan ini sebagai ajang atlet muda bisa berpestasi, menghasilkan atlet yang berprestasi ditingkat regional, nasional, maupun tingkat yang lebih tinggi. Untuk pemerintah kabupaten/kota, supaya memberikan peluang dan ruang kepada para pelajar untuk bisa mengasah bakat mereka dibidang olahraga,” kata Zainudin. 

Politisi Partai Golkar ini juga ingin, agar para atlet pelajar yang ikut meramaikan Popnas ini, suatu saat bisa mengharumkan nama bangsa lewat prestasi yang ditorehkan. Dia juga minta agar para atlet pelajar untuk selalu menjaga dan menjunjung tinggi nilai sportivitas. 

“Pembinaan atlet harus dilakukan dengan baik. Jangan terhenti sampai di Popnas, harus terus berlatih dan ikuti kejuaraan yang ada. Kita akan memantau perkembangan atlet sehingga Popnas ini nantinya ada hasilnya. Atlet Popnas harus terbina dengan baik,” jelas pria kelahiran Gorontalo itu.

Seperti diketahui, Popnas 2019 seharusnya digelar di Papua, nun karena berbagai kendala, pihak Kementerian Pemuda fan Olahraga (Kemenpira) memindahkanya ke Jakarta.

Popnas XV/2019  berlangsung hingga 25 November mendatang,  diikuti 3.653 orang dengan rincian 2.631 atlet, 667 pelatih, dan 355 ofisial. Kegiatan dua tahunan ini mempertandingkan  13 cabang olahraga, meliputi atletik, angkat besi, bulutangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat.

Loading...