JAKARTA, Indotimes.co.id – Setelah sukses menyelenggarakan dua cabang olahraga (cabor) sepak bola dan E-Sport, kini panitia pelaksana Piala Presiden merambah ke cabang olahraga bola basket. Turnamen bertajuk ‘Piala Presiden Bola Basket 2019’ ini sekaligus dijadikan ajang pemanasan menejelang digulirkan Kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2020, Januari mendatang.

Turnamen ‘Piala Presiden Bola Basket 2019’ akan berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Sritex, Solo, Jawa Tengah, pada 20-24 November 2019 mendatang, dan diikuti sembilan tim peserta kompetisi IBL 2020.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi), Danny Kosasih, dalam keteranganya kedapa awak media, di Jakarta, Senin (18/11) mengaku senang dan menyambut baik digelarnyua turnamen ini.

“Kehadiran turnamen ini tentunya sangat bagus untuk tim IBL. Karena ini bisa menjadi ajang pemansan bagi mereka menjelang kompetisi IBL yang akan mulai bergulir pada Januari 2020, mendatang,” kata Danny.

Bagi Danny, penyelenggaraan Piala Presiden seakan menjadi bukti keterlibatan semua pihak dalam meningkatkan kualitas dan mutu olahraga bola basket di Indonesia. “Melihat dari matangnya event ini disiapkan, jelas membuat kami merasa sangat terkesan. Ini adalah bukti nyata kalau semua pihak ternyata juga mau ikut andil dalam meningkatkan prestasi basket nasional. Tentunya dukungan penuh akan kami berikan untuk bisa menyukseskan Piala Presiden ini,” tandas Danny.

Sementara itu Ketua Organizing Committee, Piala Presiden Basket 2019, Cahyadi Wanda, mengatakan pihaknya menjamin kualitas pertandingan turnamen ini tidak diragukan lagi, karena pesertanya merupakan tim-tim terbaik di IBL. Untuk itu pihaknya menyiapkan hadiah yang cukup menggiurkan, bahkan menjadi jumlah hadiah terbesar yang pernah diberikan pada sebuah ajang kejuaraan bola basket nasional.

Pada Piala Presiden Bola Basket 2019 ini, pihak penyelenggara menyiapkan total hadiah sebesar Rp375 juta. Nantinya, empat pemenang akan mendapatkan hadiah tersebtu dengan jumlah yang berbeda. Untuk juara pertama bakal diberikan hadiah sebesar Rp150 juta, juara dua Rp100 juta, ketiga Rp75 juta dan keempat Rp50 juta.

Sementara itu, Maruarar Sirait selaku Ketua Steering Committee turnamen ini, memastikan semua dana yang akan dikeluarkan pihak panitia bakal sepenuhnya didapatkan secara profesional. “Seperti di sepakbola, kami juga memastikan kalau turnamen ini akan laksanakan secara profesional. Tidak akan ada uang Negara yang bakal dikeluarkan untuk menggelar ajang ini,”ujar Ara, sapaan akrab Maruarar Sirait.

Menurut Ara, pihaknya juga melakukan transparansi pengelolaan, dengan melakukan audit oleh akuntan publik terpercaya Price Waterhouse Coopers, untuk memastikan semua prosedur berjalan secara professional.

Pada Piala Presiden Basket 2019, sembilan tim peserta akan dibagi dalam tiga grup. Masing-masing grup akan berisikan tiga tim. Turnamen ini akan menggunakan sistem round robbin, dimana hanya akan satu tim dari setiap grup yang berhak lolos ke babak empat besar, plus satu runner-up terbaik.

Adapun pembagian grup dalam Piala Presiden Basket 2019, terdiri dari Grup A :Satya Wacana Salatiga, Pacific Caesar Surabaya, dan Amartha Hangtuah. Grup B : Pelita Jaya Basketball, Bima Perkasa Jogjakarta, dan NSH Jakarta.serta Grup C : Satria Muda Pertamina, Louvre Surabaya, dan Prawira Bandung.

Loading...