JAKARTA, Indotimes.co.id – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX/2020 Papua resmi memperkenalkan maskot perhelatan akbar olahraga se-tanah air itu di TVRI Pusat Jakarta, Rabu (20/11). Peluncuran maskot PON 2020 bersamaan dengan countdown atau hitung mundur 333 hari sebelum pelaksanaan ajang olahraga multi evebt empat tahunan tersebut.

Maskot PON 2020 Papu, ada dua yaitu Drawa yang merupakan burung khas asli Papua yaitu Cendrawasih serta Kangpo yang merupakan kependekan dari nama hewan Papua lainnya, kanguru pohon.

“Kedua maskot ini khas Papua. Untuk kanguru selama ini dikenal di Australia. Ternyata di Papua ada dan dikenal dengan kanguru pohon,” kata Ketua Bidang 2 PB PON John Wei di sela pengenalan maskot PON 2020 Papua tersebut.

Menurutnya dengan diperkenalkannya mascot PON 2020 Papua, menunjukan persiapan PON 2020 dipastikan sesuai dengan tahapan. Dia berharap tidak ada lagi pihak yang ragu akan pelaksanaan PON di Bumi Cendrawasih yang bakal dibuka pada 20 Oktober 2020.

Tidak hanya pengenalan maskot, John Wei menegaskan bahwa apa yang menjadi tanggung jawabnya termasuk IT, pemasaran hingga keamanan ini juga sudah berjalan sesuai dengan tahapan dan dibuktikan pula dengan peluncuran website resmi PON 2020 Papua.

“Infrastruktur IT sudah kami siapkan dengan Telkom dan Telkomsel. Tapi ada rencana untuk kerja sama dengan provider lain,” kata perwakilan bagian IT, Kasiana Ramdhan.

Masalah IT memang menjadi salah satu yang krusial. Apalagi pertandingan PON 2020 bakal disiarkan secara langsung oleh TVRI. Bahkan televisi pemerintah ini sudah menyiapkan program khusus selama 120 jam.

“Kami telah ditunjuk menjadi media partner. Kami akan menyambut PON 2020 mulai awal dari akhir dan kami dukung dengan 3.000 lebih pemancar,” kata Direktur Umum TVRI Tumpak Pasaribu.

Papua Sudah Siap

Sementara itu, Sekretaris Umum PB PON 2020 Papua, Elia Loupatty menjelaskan segala persiapan terus dilakukan termasuk pembangunan lokasi pertandingan. Pembangunan sendiri dijadwalkan tuntas pada Mei 2020.

Elia kembali menegaskan Papua sudah siap mengelar PON XXX 2020, bahkan stadion utama untuk pembukaan dan penutupan PON nanti telah selesai dibangun. Stadion Papua Bangkit ini menjadi stadion terbesar dan termegah kedua di Indonesi, setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.
“Keraguan yang ada kami tepis dengan pembangunan. Kami pastikan semuanya akan siap sesuai dengan jadwal,” tandas Elia.

Sebagaimana diketahui PON XX Papua bakal mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan 679 nomor yang dipertandingkan. Pertandingan bakal dipusatkan di Kota Jayapura,Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.