JAKARTA, Indotimes.co.id – Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Singapura U-23 dengan skor 2-0 (0-0) pada laga kedua cabang olahraga sepak bola putra Grup B SEA GamesXXX/2019 di Stadion Rizal Memorial,Manila, Filipina Kamis (28/11) malam.

Tambahan tiga poin hasil kemenangan atas Singapura, membuat pasukan Indra Sjafrie untuk sementara menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup B, dibawah Vietnam, yang sama-sama mengemas enam poin, namun Vietnam unggul rata-rata selisih gol. Sebelumnya pada laga pertama Selasa (26/11) timnas U-23 juga memetik kemenangan atas juara bertahan Thailand 2-0 di tempat yang sama.

Pertandingan Indonesia melawan Singapura berlangsung ketat, mengingat kedua tim sama-sama mengincar kemenangan. Indonesia mengincar kemenangan kedua,untuk membuka peluang lolos ke semifinal, sebaliknya Singapura juga wajib menang, karena pada laga pertama mereka ditahan imbang 0-0 saat melawan Laos.

Timnas Indonesia U-23 terus menguasai jalannya laga. Skuat Garuda Muda memainkan pengusaan bola dengan umpa satu-dua. Sebaliknya Singapura melakukan penjagaan ketat, mengantisipasin gempuran Indonesia, dengan mengandalkan serang balik.

Memasuki pertengahan babak pertama, Singapura mengambil inisiatif penyerangan.Bahkan Singapura hampir membobol gawang Timnas Indonesia U-23 pada menit ke-17. Beruntung, bola hasil tendangan bebas kaki kanan Lionel Tan, masih bisa ditepis dengan baik oleh kiper Timnas Indonesia U-23, Nadeo Argawinata.Singapura kembali membuka peluang, melalui tendangan Hami Syahin pada ment ke-39. Beruntung, bola hasil sepakannnya masih berada di atas mistar Nadeo. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-23 meningkatkan tempo permainan. Timnas Indonesia U-23 hampir membobol gawang Singapura melalui Saddil Ramdani pada menit ke-59. Sayang, bola hasil tendangan kaki kirinya masih melambung di atas mistar gawang Singapura yang dijaga Zharfan Rohaizad.

Osvaldo Haay, akhirnya membuka kemenangan Indonesia, melalui gol yang dilesatkannya pada menit ke-64. Menerima umpan panjang, Osvaldo Haay berhasil menang duel dengan kapten Singapura, Irfan Fandi, sepakan kaki kiri pemain Persebaya ini melewati kolong kiper Zharfan. Bola masuk ke dalam gawang, sekaligus merubahSkor 1-0 untuk Timnas Indonesia U-23.

Unggul satu gol, Timnas Indonesia U-23 makin percaya diri melakukan serangan. Berkali-kali, Saddil Ramdani membongkar pertahanan Singapura. Timnas Indonesia U-23 kembali mencetak gol melalui Asnawi Mangkualam pada menit ke-73.

Berawal dari umpan terobosan Asnawi kepada Osvaldo Haay. Osvaldo yang ditempel ketat dua pemain, belakang Singapura, akhirnya menyodorkan umpan datar kepada Asnawi yang berlari kearahnya, dan dimanfaatkan dengan baik untuk oleh pemain PSM Makasar itu menjebol gawang Singapura, sekaligus membawa Timnas Indonesia U-23 unggul 2-0.

eberapa menit berselang, Asnawi hampir saja mencetak golnya yang kedua dalam laga tersebut. Sayang, bola hasil tendangan keras kaki kanannya membentur mistar atas gawang.

Singapura terus mengejar ketinggalan, bahkan lima menit jelang laga usai, tim ‘Negara Singa’ ini terus mengurung dan menggempur gawang Indonesia, Namun berkat perminan displin yang diperagakan ‘Tim Merah Putih’ tidak ada satu gol Singapura yang tercipta pada laga ini.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 kembali ke posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan raihan 6 poin dari 2 laga. Kalah selisih gol dari Vietnam U-23 di posisi puncak dengan poin yang sama. Vietnam unggul selisih gol, karena meraih kemenangan besar pada dua laga yang dilakoninya, yaitu menang 6-0 saat melawan Brunei dan 6-1 saat menumbangkan Laos.

Singapura berada di posisi keempat dengan 1 poin dari 2 laga, kalah dua poin dari Thailand U-23 di posisi ketiga. Laos U-23 di posisi kelima dengan 1 poin dari 2 laga, kalah selisih gol dari Singapura di tempat keempat. Brunei Darussalam U-23 di dasar klasemen dengan belum meraih poin dari 2 laga.

Timnas U-23 Indonesia masih menyisakan tiga laga di Grup B, yaitu menghadapi Vietnam pada 1 Desember, melawan Brunei Darussalam pada 3 Desember, serta bertemu Laos pada 5 Desember mendatang.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 Vs Singapura U-23:
Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Nadeo Argawinata; Bagas Adi Nurgoho, Andy Setyo, Asnawi Mangkualam Bahar, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Muhammad Rafli.
Pelatih: Indra Sjafri
Singapura U-23 (4-2-3-1): Zharfan Rohaizad; Ryhan Stewart, Lionel Tan, Irfan Fandi, Syahrul Sazali; Jacob Mahler, Muhammad Faris; Salamat Tajeli, Hami Syahin; Naqiuddin Eunos; Ikhsan Fandi.
Pelatih: Fandi Ahmad