JAKARTA, Indotimes.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memenuhi janjinya memberikan bonus kepada para atlet peraih medali pada ajang SEA Games XXX/2019. Bukan itu saja, Pemerintah bahkan telah meningkatkan jumlah bonus dua kali lipat dari bonus sebelumnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan langsung bonus dalam acara yang digelar di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (12/12) malam, sehari setelah upacara penutupan pesta akbar olahraga se-Asia Tenggara tersebut di Manila.

Kepada ratusan atlet yang hadir, Menpora Zainudin, memberikan kejutan tentabg besaran jumlah bonus yang akan diterima para atlet.  “Tadinya kami mempersiapkan bonus sesuai standar biasa dari SEA Games sebelumnya. Tapi bapak Presiden mengatakan mereka sudah berjuang, dan apresiasi harus ditingkatkan,” ujarnya.

Zainudin mengumumkan kalau jumlah bonus yang diterima para atlet peraih medali emas perorangan sebesar Rp 500 juta, untuk medali perak sebesar Rp 300 juta serta medali perunggu sebesar Rp 150 juta.

Kontan  pengumuman Menpora mendapat sambutan riuh gembira para atlet. Mengingat sebelumnya Kemenpora menyampaikan kalau bonus yang  akan diterima para atlet sama seperti bonus saat SEA Games sebelumnya tahun 2017,  yaitu emas sebesar Rp 200 juta, perak Rp 100 juta, dan perunggu Rp 60 juta.

“Para atlet kita sudah  semangat juang dan kegigihan luar biasa, pelatih, pengurus cabang dan seluruh stakeholder, kompak bersama sama mengangkat harkat marwah bangsa kita di SEA Games 2019,” ujar Zainudin.

Karena itulah, lanjut Zainudin Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepadanya untuk meningkatkan jumlah bonus yang diterima para atlet peraih medali di SEA Games 2019 Filipina.

Menurut Zainudin Presiden Jokowi menyampaikan meski target menempati peringkat dua SEA Games 2019 gagal diraih, namun Pemerintah akan tetap mengeluarkan bonus. Pasalnya, kontingen Merah Putih mampu melampaui target medali yang dipatok.

“Tadinya kami mempersiapkan sesuai standar biasa dari SEA Games sebelumnya. Tapi bapak Presiden mengatakan mereka sudah berjuang, dan apresiasi harus ditingkatkan,” tandasnya.

Penerima bonus medali emas dari cabor atletik, Emilia Nova mengaku bersyukur dirinya bisa mendapatkan bonus dari Pemerintah. Atlet nomor 100 meter lari gawang putri ini mengaku senang dan vertetima kasih karema Pemetintah telah mencairkan serta menaikan jumlah bonus kali ini.

Emilia pun berencana akan menggunakan bonus tersebut untuk menabung dan juga liburan. “Pastinya dipakai buat nabung, tapi bakal digunakan juga buat liburan, soalnya dikasih waktu libur satu bulan dari latihan,” ucap Emilia.

Sementara itu peraih emas tenis ganda putri SEA Games 2019, pasangan Beatrice Gumulya/Jessy Rompies, mengaku terkejut dan tak menyangka kalau jumlah bonus yang bakal mereka terima jumlahnya meningkat.

“Tadinya kami kira bonusnya sama dengan bonus SEA Games 2017 di Malaysia  yang lalu. Kami  sangat senang dan berterima kasih kepada Pemetintah,” pungkas Beatrice Gumulya.